FAKTOR PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMBUAT LATTE ART

Dari beragam minuman berbasis espresso, latte art adalah yang paling menarik secara estetik. Bahkan keunikan latte art membuat berbagai coffeeshop berlomba menyajikan latte art yang sempurna. Pada dasarnya latte art adalah seni menggambar pola menggunakan kopi yang ada dalam foam. Sekilas membuat latte art terlihat mudah dan hampir sama dengan membuat cappucinno, tetapi pada dasarnya tidak semudah itu. Banyak tahapan yang harus di perhatikan untuk memulai membuat latte art. Berikut faktor yang harus diperhatikan dalam membuat latte art.

1. Latte dengan coffee based adalah minuman yang menggunakan kopi espresso yang dimana crema kopinya dapat mempengaruhi hasil latte art. Crema yang baik untuk latte art yaitu yang kualitas crema-nya tidak terlalu tipis maupun tebal dan mampu menahan latte art dengan baik.

2. Susu yang digunakan haruslah jenis fresh milk yang kemudian dipanaskan sekitar 2-3 menit dengan suhu 60°-65° Celsius. Lalu tuang ke dalam milk jug yang terbuat dari bahan stainless guna meratakan pemanasan.

3. Setelah proses steaming, jika pada susu masih terlihat gelembung-gelembung besar, hancurkan gelembung tersebut dengan mengetuk-ngetuk dasar milk jug di atas permukaan meja yang datar.

4. Tuang steamed milk perlahan-lahan ke dalam espresso, pastikan lapisan crema espresso bergerak ke atas. Busa susu harus berada pada lapisan bawah pada saat dituang.

5. Saat ingin menuangkan susu dari milk jug ke dalam sisi cangkir yang sudah terisi espresso, posisikan cangkir di depan dada dengan kemiringan sekitar 60° dengan telinga cangkir menghadap dada. Tujuannya adalah supaya latte art yang terbentuk simetris dan presisinya di tengah permukaan latte.

6. Latte art yang baik adalah yang motifnya terlihat jelas dan kontras antara goresan yang satu dengan yang lainnya, memiliki daya tahan lebih dari 5 menit, pada pinggiran kopi membentuk golden ring, juga tampak shiny.

Faktor-faktor yang menentukan baik atau tidaknya secangkir latte art bisa dilihat dari proporsi motif di cangkir, posisi atau orientasi motif di mana handle cangkir adalah tolak ukurnya, kontras warna kopi dan susu kemudian tingkat ketebalan susu dan berkilau. Terakhir adalah makna dan kesan dari motif latte artnya.

Terkait kopi, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera MandhelingArabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami,

 

 @coffeeland_indonesia      coffeeland indonesia

Source by barecamedia.com

Leave a Reply

WhatsApp chat

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/coffeela/public_html/wp-includes/functions.php on line 3783