Dengan luas daerah 338.424 km2, dan penduduk dengan populasi yang hanya  5,5 juta jiwa saja, Finlandia memang tidak sebesar Amerika, Prancis atau Italia. Namun, siapa nyangka ternyata negara Nordik ini merupakan negara pengkonsumsi kopi per-tahun terbesar di dunia. Menurut Organisasi Kopi Internasional, seperti dikutip Independent, orang Finlandia minum kopi sebanyak 12kg/tahun.

kopi adalah jantung budaya kopi Finlandia di tahun 1950an. Pada tahun-tahun pascaperang yang berat itu, kopi merupakan simbol kesejahteraan dan keramahan. Orang Finlandia bahkan memiliki ungkapan “kohteliaisuuskahvi,” yang berarti “kopi kesantunan,” mengacu pada kewajiban yang harus selalu mereka tawarkan, dan minum, secangkir kopi dalam suasana penyambutan.

Begitu pentingnya kopi di Finlandia, bahkan ketika bertamu ke rumah orang dengan disajikan secangkir kopi itu sudah menjadi simbol keramah tamahan mereka.

Asal mula

Iklim yang dingin tentunya menjadi halangan untuk menumbuhkan pohon kopi. Oleh karenanya, sangat menarik saat mengetahui kopi bisa begitu populer di negara ini. Kopi datang ke Finlandia di sekitar awal 1700-an dan langsung dicintai oleh banyak orang. Dan kopi bagi mereka tidak hanya minuman yang mengandung aroma yang bisa memanjakan hidung tapi merka menganggap kopi sebagai obat dan bahkan mengklaim bisa menyembuhkan sakit kepala dan depresi segala. Tidak hanya itu, bahkan kopi dikatakan bisa menyembuhkan penyakit hati, yang oleh karenanya kopi pada awalnya dijual hanya di apotek saja.

Hal yang harus dicoba di Finlandia bagi Pecinta Kopi

Kabar baik bagi pecinta kopi yang berkunjung ke Finlandia bahwa kota-kota kecil pun memiliki setidaknya beberapa kedai kopi yang menjual berbagai pilihan minuman dan kue yang mengandung bahan-bahan yang bersumber secara lokal. Semua tempat wisata di negara ini, tidak peduli seberapa jauh, biasanya akan memilikinya juga. Kota-kota besar di Helsinki, Tampere, dan Turku memiliki pilihan terbesar dari toko indie dan rantai.

Kecintaan Finlandia terhadap kopi jauh melampaui perusahaan multinasional yang mahal atau juru masak espresso. Anda bisa menemukan cangkir yang hangat dan murah di mana-mana dari kafe ramah lingkungan ke ruang tamu seorang teman.

Roasting Kopi di Finlandia

Dan jika di area tengah dan selatan Eropa kopi diroasting hingga pekat, maka di Finlandia cenderung sebaliknya. Kopi Finlandia sengaja diroasting ringan. Sangat ringan malah, sehingga bisa dikatakan paling ringan sedunia. Hal ini disebabkan karena kualitas air yang sangat bagus sehingga bisa menambah cita rasa kopinya. Meski begitu, kopi yang diroasting pekat dan medium masih bisa dijumpai kokdi berbagai pelosok Finlandia.

Tradisi Penyajian Kopi di Finlandia

Keju dicampur dengan kopi, bila anda sempat tinggal atau singgah di negara penghasil telepon seluler kenamaan, Nokia, tentu tidak asing lagi dengan hal tersebut. Di Finlandia sudah menjadi hal yang lumrah minum kopi sambil makan keju, atau sebaliknya, yang dikenal dengan kaffeost. Awalnya kebiasaan ini berasal dari Finlandia Utara, tepatnya di kota Rovaniemi. Kaffeost bisa disajikan dengan 2 macam cara penyajian:

  • penyajian dalam bentuk makanan. Kopi dan keju dicampur, lalu ditambahkan susu kambing atau susu sapi yang direbus hingga mengeras, kemudian dipanggang dalam oven.

  • penyajian dalam bentuk minuman, yaitu potongan keju seukuran dadu dimasukkan ke dalam secangkir kopi hitam untuk dinikmati.

 

Tetapi di Finlandia Kopi hampir selalu disajikan dengan kue. Bahkan ada pepatah kata dalam bahasa Finlandia, kakkukahvi, yang berarti “Coffee and cake ” Jenis sanggul manis diatapi lapisan vanili yang dikenal sebagai pulla adalah iringan yang sangat populer dengan kopi.

Meskipun mengkonsumsi kopi di negara Finlandia sangatlah tinggi, namun ternyata sulit untuk menemukan kopi yang sehat dan berkualitas di Finlandia. Oleh karena itu “Finlandia terkenal dengan minum kopi per kapita paling banyak tapi tidak terkenal dengan minum kopi berkualitas,” ujar Svante Hampf, pemilik Kaffa Roastery di Helsinki dari situs Independent.

Namun pengaruh Globalisasi, peminum kopi dari kalangan muda Finlandia masa kini mulai mencicipi berbagai kopi specialty aneka rasa. Kopi tidak lagi disajikan hanya di rumah atau kantor. Café pun menjadi tempat nongkrong yang populer bagi anak muda. Mereka meminum kopi dari cangkir take-away bukan pemandangan aneh lagi. Tentu saja ini semakin meningkatkan pengaruh kopi di masyarakat Finlandia masa kini.

offeeland Indonesia menyediakan beberapa Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin dari beberapa daerah Indonesia yang sudah dikenal baik di dalam maupun di luar negri. Ada beberapa jenis kemasan Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin untuk anda coba, agar anda bisa menemukan karakter rasa kopi apa yang cocok untuk memanjakan lidah anda. Kemasan yang tersedia mulai dari 125gr, 250gr, 500gr hingga 1Kg.

 

Source : 1, 2, 3, 4

Leave a Reply