STEP BY STEP MEBUKA COFFEE SHOP BARU

 

 

Luasnya pasar kopi di Indonesia membuat bisnis coffee shop menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Namun, dibalik setiap suksesnya coffee shop harus dibarengi dengan perencanaan yang matang serta hitungan biaya yang efisien dan jitu.

Peluang usaha coffee shop menjadi satu yang banyak diminati saat ini karena dianggap prospektif dan menjanjikan.  Tidak sedikit pengusaha yang bergabung untuk membuka satu coffee shop atau mini cafe dengan modal yang tidak terlalu banyak.

Bisnis coffee shop bisa jadi sumber pemasukan yang sangat menguntungkan dan memberikan banyak keuntungan jika kita tahu bagaimana cara mengelolanya. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami ingin membahas hal apa saja yang perlu dilakukan untuk dapat menjalankan peluang usaha menguntungkan ini dengan baik.

Melakukan riset

Akan lebih baik jika sebelum membuka coffe shop Anda melakukan riset terlebih dahulu seperti melihat / membandingkan coffee shop yang sedang hits di sekitar lokasi usaha Anda. Dari riset tersebut Anda bisa mengambil banyak ilmu berharga untuk menentukan karakteristik usaha coffee shop seperti: “Menu apa yang menjadi main point di cafe tersebut?”, “Berapa range harganya?”, “Bagaimana desain atau interior dan eksterior coffee shopnya?”, “Bagaimana pelayanan di cafe tersebut?”, dan banyak lainnya. Ingat, research makes your coffee shop perfect.

Menentukan lokasi usaha yang tepat

Seperti halnya peluang usaha lainnya, bisnis coffee shop juga akan lebih banyak menjangkau calon konsumen jika berada di lokasi yang tepat. Carilah tempat yang sekiranya banyak orang berkumpul seperti di mall misalnya. Namun, hal yang perlu menjadi perhatian adalah harga sewanya. Jangan sampai biaya sewa lebih tinggi dari pada pemasukan / keuntungan Anda karena akan berbahaya bagi kelangsungan bisnis nantinya.

Menentukan konsep

Konsep memegang peranan penting dalam membuka usaha coffee shop. Dengan konsep yang bagus, kita akan dapat mengatur bagaimana layout coffee shopnya, dan dengan konsep yang bagus kita tidak perlu melakukan banyak promosi karena pasti konsumen sendiri yang akan mempromosikan cafe kita. Untuk mendapatkan konsep yang pas, Anda bisa lihat coffee shop hits yang ada di sekitar lokasi usaha. Kalau perlu terapkan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

Pecayakan desain interior dan exterior pada ahlinya

Jika Anda memiliki basic design interior dan exterior, hal ini akan sangat menguntungkan. Namun, jika Anda tidak terlalu paham tentang hal ini, ada baiknya untuk menyerahkan hal ini pada ahlinya. Desain interior dan eksterior dapat memiliki peranan yang penting dalam menjalankan usaha coffee shop. Hal ini bisa Anda buktikan sendiri dengan membandingkan coffee shop dengan desain interior dan eksterior biasa, dengan yang terkonsep dengan baik. Dengan desain interior dan eksterior yang bagus, kita juga dapat menarik lebih banyak konsumen untuk datang.

Mencari supplier yang kredibel

Hal yang paling penting sebelum memulai usaha coffee shop adalah mencari supplier bahan baku yang berkualitas. Memilih supplier bisnis memang tidak mudah, terlebih bagi anda yang memilih menjalankan bisnis coffee shop yang membutuhkan standarisasi citarasa menu dan juga ketersediaan stock bahan baku. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama, sebaiknya anda harus melihat kredibiltas supplier tesebut. 

Menyiapkan Peralatan Coffee Shop yang Memadai

Bila sudah menemukan supplier bahan baku yang kredibel, Anda bisa melanjutkan proses berikutnya yaitu menyiapkan peralatan coffee shop yang memadai seperti coffee grinder, drip coffee maker, moka pot, french press, mesin kopi espresso, dan juga peralatan pendukung untuk pembuatan menu. Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan perlatan coffee shop yang memadai, Anda dapat menghubungi vendor / konsultan bisnis coffee shop terpercaya

Membuat logo

Seperti layaknya usaha lain, coffee shop tentunya memerlukan logo. Karena logo merupakan salah satu identitas coffee shop yang kita miliki agar membedakan dari brand coffee shop lainnya. Dengan logo, coffee shop Anda bisa lebih dikenal lho. Dalam membuat logo jangan sampai asal-asalan, sesuaikan dengan konsep coffee shop Anda.

Perizinan usaha bisnis coffee shop

Saat membuka usaha coffee shop, biasanya ada beberapa izin yang harus kamu dapatkan. Setiap kota biasanya punya syarat-syarat yang berbeda untuk mendapatkan izin tersebut. Mulai dari SITU, IMB, SIUP, NPWP, Izin Gangguan, AD/ART, dan Izin Keramaian dari kepolisian.

Merekrut dan melatih staff

Pelayanan yang baik kepada pelanggan adalah hal penting untuk kesuksesan usaha apapun, termasuk coffee shop. Sebelum memilih staff, sebaiknya tentukan dulu kualifikasi seperti apa yang Anda harapkan dari para pelamar. Kamu juga harus mempertimbangkan, apakah ingin melatih sendiri para staff tersebut, atau lebih memilih mempekerjakan barista yang sudah berpengalaman.

Saat melatih staff, pastikan mereka belajar cara membuat varian kopi dengan benar. Para pelanggan juga mungkin akan bertanya banyak tentang menu yang ditawarkan, jadi pastikan staff Anda mampu menjawab semua pertanyaan dari pelanggan.

Melakukan publikasi sebelum coffee shop buka

Sebelum mulai membuka coffee shop untuk publik, publikasikanlah terlebih dahulu di social media atau undang para food bloggers/influencers untuk menikmati kopi dan sajian di coffee shop kamu. Bisa juga kamu sediakan diskon spesial di hari pembukaan untuk menarik para pelanggan potensial. 

Sejalan dengan terus meningkatnya kepopuleran coffee shop di masyarakat, inilah saat yang tepat untuk memulai usaha coffee shop. Tidak perlu ragu memulainya, karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 81 juta hingga 128,5 juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App >> Klik >>

 

  

 

Source: cafebrick.co.id