CARA MENGELOLA STOCK BAHAN BAKU UNTUK BISNIS COFFEE SHOP

 

Persediaan bahan baku merupakan salah satu roda penggerak paling penting dalam bisnis kedai kopi / coffee shop. Dari persediaan inilah suatu menu makanan dan minuman dapat tercipta untuk melayani pelanggan. Bahkan melalui persediaan ini juga Anda bisa mengetahui menu apa yang paling banyak dipesan, dengan cara  mengecek jumlah persediaan stok bahan baku

Mengingat pentingnya fungsi pengelolaan stok bahan baku  terhadap bisnis kedai kopi / coffee shop, Untuk itu Anda harus mengelolanya secara baik dan sistematis agar operasional bisnis dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah beberapa cara mengelola stock bahan baku untuk bisnis coffee shop.

Menggolongkan jenis stok barang

Umumnya Anda bisa menggolongkan jenis barang menjadi tiga: yaitu berdasarkan tujuan (contohnya apakah untuk dijual / menjadi bahan baku produksi), berdasarakan cara penyimpanan, dan berdasarkan siklus perputaran penjualannya apakah fast moving / slow moving.

Mengumpulkan data stok barang

Kumpulkan data dari stok bahan baku untuk memudahkan kegiatan menerima, menyimpan, dan mengeluarkan persediaan. Data ini harus lengkap & akurat, karena akan menentukan angka persediaan barang selanjutnya.

Melakukan forecasting

Maksud dari forecasting adalah membuat prakiraan dari jumlah barang yang perlu ditambah ke gudang penyimpanan dengan melihat data penjualan dari periode sebelumnya.

Memisahkan stok baru dan stok lama

Memisahkan stock bahan baku lama dan stock baru sangat penting agar bisnis kopi tidak merugi. Contohnya adalah barang-barang yang mudah basi, seperti susu & creamer. Akan lebih baik jika diberikan kode atau label pada setiap barang, seperti tanggal produksi dan juga tanggal expired.

Melakukan pengecekan sebelum barang disimpan

Pengecekan berfungsi untuk mengetahui jika barang memiliki cacat atau tidak layak konsumsi. Agar lebih efektif, berikan catatan singkat pada beberapa barang hasil inspeksi tersebut. Kemudian, segera pisahkan barang-barang tersebut ke tempat yang berbeda.

Jangan lupa isi kembali stok persediaan biji kopi dan bahan baku coffee shop dengan membelinya di Coffeeland Indonesia. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan coffee shop Anda. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing melalui nomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: koinworks.com