IRISH COFFEE: KOPI KHAS IRLANDIA

Irish Coffee atau kopi Irlandia merupakan minuman jenis koktail yang terbuat seduhan kopi dan gula serta dicampur dengan wiski dan krim kocok diatasnya. Minuman ini sering juga disebut sebagai Kopi Gaelic atau floater coffee. Penyajian kopi ini biasanya untuk hidangan penutup atau desert.

Di Irlandia sendiri, Irish Coffee biasa dihidangkan saat St Patrick’s Day atau hari memperingati Santa Patrick yang diperingati setiap tanggal 17 Maret setiap tahunnya. Pada hari itu, masyarakat Irlandia menyantap cupcakes dan bir yang merupakan kegemaran mereka. Termasuk Irish Coffee ini.

Irish Coffee diciptakan oleh bartender dari Bandara Shannon di Irlandia yang bernama Joe Sheridan pada tahun 1940. Pada saat itu ia ingin membuat suatu minuman yang dapat memikat para turis yang berasal dari Amerika. Akhirnya dia membuat Irish Coffee. Namun seorang yang berjasa memperkenalkan Irish Coffe adalah seorang penulis perjalanan untuk San Fransisco Chronicles bernama Stanton Delaplane yang minum Irish Coffee ini di sekitar Lapangan Udara Shanon. Ia pun jatuh hati pada minuman yang baru saja ia minum. Dan langsung meminta resep minuman tersebut pada bartender yang membuatkannya minuman itu.

Irish Coffee merupakan minuman koktail yang dibuat dengan mencampurkan whisky Irlandia dengan kopi hitam. Di sisi lain juga kita mengetahui bahwasanya whisky merupakan salah satu minuman beralkohol , maka dari itu untuk menghindari hal tersebut kami akan membagikan resep Irsih Coffee tanpa menggunakan alkohol untuk menghindari dari hal-hal yang tidak menyehatkan. Berikut adalah resepnya:

Source

Bahan – bahan:

1 cup   Espresso

1/3 cup  Whipping Cream

2 sdt    Gula

2 sdm   Orange juice

2 sdt    Lemon juice, freshly squeezed

Cara membuat:

  • Siapkan espresso kedalam gelas.
  • Kocok whipping cream dan gula hingga kaku.
  • Tuang lemon campuran lemon Juice dan orange juice kedalam espresso
  • Tambahkan cream diatasnya, Sajikan segera.

 

 

Dalam membuat Irish Coffe, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan. Salah satunya adalah cream tebal yang diletakkan di atas kopi yang sudah dicampur oleh gula harus dituangkan secara hati-hati. Karena krim itu harus mengambang diatas cairan kopi tanpa bercampur dengan cairan kopi. Karena kopi akan diminum melalui lapisan krim tersebut.

Untuk penyajian kopi Irlandia sendiri memang harus diperhatikan dan harus hati-hati. Karena kopi ini akan terasa lebih nikmat bila disajikan secara layer. Atau masing-masing bagian tidak tercampur satu sama lain, terutama antara kopi dengan krimnya. Selain itu, Irish Coffee sebaiknya diletakkan dalam wadah atau gelas yang bening, yang akan menambah kesan elegan pada minuman ini.

Source: 1, 2.

Leave a Reply