KEUNTUNGAN BISNIS COFFEE SHOP YANG TIDAK BANYAK ORANG TAHU

 

Saat ini usaha kedai kopi / coffee shop menjadi daya tarik bagi pengusaha, terlebih bisnis kedai kopi / coffee shop terbukti mampu bertahan di masa pandemi. Tidak heran jika banyak kedai kopi baru bermunculan akhir-akhir ini. Bagi Anda yang ingin terjun ke dalam bisnis F&B, kedai kopi / coffee shop adalah peluang bisnis yang baik karena saat ini minum kopi sudah menjadi budaya di Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pada saat membuka usaha kedai kopi/ coffee shop pastinya akan sangat termotivasi oleh “keuntungan” yang akan didapatkan. Gambaran keuntungan memang terkadang begitu indah, meskipun diawal menjalani bisnis ini mungkin akan ada banyak pengorbanan yang harus dinikmati.

Berbicara soal keuntungan membuka bisnis kedai kopi / coffee shop yang bisa kita dapatkan memang tidak main-main. Namun hal ini harus disertai dengan konsistensi dan kerja keras dalam mengembangkan kedai kopi / coffee shop yang kita kelola. Tanpa konsistensi, semua bisnis tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, termasuk usaha kedai kopi / coffee shop ini.

Sebenarnya, ada beberapa keuntungan bisnis kedai kopi / coffee shop yang tidak dimiliki oleh bisnis lainnya, seperti:

Target pasar yang luas

Pecinta kopi di Indonesia sangat beragam, mulai dari remaja, dewasa, atau yang sudah tua sekalipun, menjadikan kopi sebagai minuman favorit mereka. Peluang inilah yang harus dimanfaatkan ketika akan membuka bisnis kedai kopi / coffee shop. Namun yang perlu diingat juga, persaingan bisnis kedaikopi / coffee shop juga lumayan ketat. Anda harus memiliki strategi jitu agar kopi yang disajikan di kedai kopi / coffee shop Anda disukai oleh pelanggan.

Peputaran modalnya cepat

Keuntungan bisnis kedai kopi / coffee shop yang kedua adalah bisnis ini memiliki perputaran modal yang cepat. Hal ini berkaitan dengan hasil penjualan dalam sehari tentunya. Kita dapat menghitung pemasukan perharinya dan bisa kita putar lagi sebagai modal di keesokan harinya. Positifnya, kita jadi mengetahui keuntungan dan kerugian kita dapatkan pada hari tersebut untuk dapat segera dapat menentukan tindakan evaluasi atau memperbaiki langkah atau strategi apabila terjadi kerugian.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, meskipun perputarannya cepat, kita juga wajib waspada dengan resiko kerugian yang mengintai. Sekali merugi, kita harus segera ambil aksi, mengapa? Karena bisnis ini begitu rentan. Tidak peka sedikit saja, bisa berbahaya bagi bisnis kita. Jika memang mengalami kendala dalam pengelolaannya yang ternyata tidak bisa kita atasi sendiri, tidak ada salahnya untuk menghubungi jasa konsultan bisnis karena dari sana mungkin kita bisa mendapatkan solusi yang kita cari. Jangan biarkan kerugian anda berlarut-larut.

Tidak mengenal istilah “libur”

Keuntungan bisnis yang ketiga adalah kita bisa memaksimalkan keuntungan justru di hari libur. Disaat bisnis lain “libur”, kita justru bisa melakukan push profit. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kebanyakan orang justru akan pergi ke kedi kopi / coffee shop di hari-hari libur atau pada weekend. Jika mungkin keuntungan yang kita dapatkan belum maksimal di weekday, kita bisa memaksimalkannya pada saat weekend dan hari libur. Disaat yang lain tidak mendapatkan pemasukan karena “hari libur”, kita bisa mendapatkan profit 10% atau lebih dari biasanya. Biasanya orang-orang akan cenderung nongkrong di kedai kopi / coffee shop jika keesokan harinya libur atau pada waktu weekend.

Menambah relasi

Dengan membuka bisnis kedai kopi / coffee shop secara tidak langsung akan membuka peluang mendapatkan banyak relasi atau kenalan baru. Semakin melejitnya kedai kopi / coffee shop yang Anda bangun, semakin banyak pula tawaran kerja sama yang menghampiri. Akan lebih menguntungkan lagi jika kita bergabung dengan komunitas atau forum diskusi bisnis agar menambah relasi sekaligus wawasan dan pengetahuan dalam pengelolaan kedai kopi / coffee shop tentunya.

Bisinis yang bergengsi

Keuntungan bisnis kedai kopi / coffee shop selanjutnya adalah kesan mewah yang akan kita dapatkan. Membuka kedai kopi / coffee shop atau usaha lainnya akan membuat kita terkenal karena gelar CEO yang melekat di depan nama kita. Tidak jarang juga jika bisnis kedai kopi/ coffee shop yang kita bangun berkembang, kita akan di undang menjadi nara sumber diberbagai seminar kewirausahan.

Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan yang bisa kita dapatkan dari membuka kedai kopi / coffee shop. Berbicara soal keuntungan bisnis kedai kopi / coffee shop memang tidak ada habisnya. Karena memang bisnis ini merupakan satu bisnis yang fleksibel. Kefleksibelan bisnis ini tidak hanya terletak pada modalnya saja, namun juga pada pengelolaan, dan keuntungan yang didapatkan.

Untuk membuka usaha kedai kopi / coffee shop, Anda dapat bermitra degan Coffeeland Indonesia, karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 81 juta hingga 128,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing melalui Whatsapp. 

  

 

Source: cafebrick.co.id