WAKTU YANG TEPAT UNTUK MEREALISASIKAN BISNIS COFFEE SHOP

Apakah Anda sudah lama merecanakan untuk membuka bisnis coffee shop, namun bingung memulainya dari mana? Bingung mencari vendor yang tepat yang bisa merealisasikan impian bisnis Anda menjadi kenyataan. Atau mungkin masih bingung menentukan waktu yang tepat untuk merelisasikan bisnis coffee shop.

Ada baiknya Anda simak dulu beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha ini.

Menentukan Konsep

Menentukan konsep sebaiknya disesuaikan dengan modal yang Anda miliki. Anda bisa mulai dengan konsep yang sederhana dan membuat konsumen nyaman untuk bersantai, karena biasanya orang pergi ke coffee shop untuk bersantai sejenak di tengah padatnya aktivitas. Banyak juga yang ingin mencari tempat yang tenang untuk mengerjakan pekerjaan mereka.

Dalam merancang konsep, Anda bisa mulai dengan memikirkan hal-hal berikut:

  • Target market: Menentukan target market sedari awal akan memberikan gambaran konsep coffee shop seperti apa yang akan Anda buat. Jika target marketnya adalah remaja dan mahasiswa, maka desain tempat, jenis kopi dan kisaran harganya tentu akan disesuaikan dengan selera dan kemampuan mereka, dan akan lain halnya jika Anda menyasar pekerja kantoran atau orang dengan usia yang lebih dewasa.
  • Area di sekitar lokasi: Jika Anda mendirikan coffee shop di tengah daerah perkantoran yang sibuk, mungkin Anda harus menyediakan layanan ‘take away’ dan ‘delivery’. Anda juga bisa menyediakan ruangan khusus untuk meeting/pertemuan kecil-kecilan..
  • Menyediakan makanan atau tidak?: Jika Anda berencana menyajikan menu makanan, pikirkanlah apakah akan membeli makanan dari pihak lain atau membuatnya sendiri.

Lakukan Riset Menu Yang Sedang Ramai

Lakukanlah “riset” kecil-kecilan untuk menentukan menu apa saja yang akan Anda sajikan di coffee shop, dengan sering-sering berkunjung ke beberapa coffee shop yang paling recommended yang memiliki konsep yang serupa atau mirip dengan coffee shop yang kamu rencanakan, dan pesanlah menu yang paling populer di sana. Hal ini setidaknya memberi gambaran mengenai kecenderungan menu yang banyak dipilih dan disukai pelanggan.

Dari hasil riset ini Anda juga bisa mengetahui keunggulan dan kekurangan dari menu yang disajikan dari coffee shop lainnya, sehingga Anda bisa membuat menu dengan jenis yang sama tapi dengan rasa yang lebih enak.

Mencari Vendor Yang Tepat

Hal yang paling penting sebelum memulai usaha coffee shop adalah mencari vendor yang tepat. Anda dapat mencari informasi mengenai vendor yang terpercaya dengan melihat langsung ke kedai kopi / coffee shop yang bekerjasama dengan vedor tersebut. Atau Anda juga bisa membeli produk bahan baku yang mereka miliki dalam julah yang kecil / sedikit sebagai tester. Kalau sudah cocok dengan rasa dan harganya, barulah bisa membahas kerjasama lebih lanjut.

Dengan bermitra bersama Coffeeland Indonesia, Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari supplier yang menjual peralatan membuat kopi dan juga yang menyediakan bahan baku coffee shop, karena Coffeeland Indonesia dapat membantu melengkapi seluruh kebutuhan coffee shop Anda mulai dari mesin espresso hingga bahan baku untuk pembuatan menu.

Selain itu, Coffeeland Indonesia juga support untuk pembukaan coffe shop di berbagai wilayah di Indonesia.

Menyusun rencana usaha

Rencana bisnis atau business plan mencakup banyak hal penting mengenai usaha yang akan dijalankan, misalnya konsep coffee shop, target market dan riset mengenai kondisi pasar ataupun kompetitor.  

Business plan tidak hanya akan membantu Anda untuk mulai menjalankan coffee shop tersebut, tapi juga dibutuhkan saat Anda mencari modal tambahan.

Menyiapkan modal

Membuka usaha coffee shop membutuhkan biaya yang tidak sedikit, jadi pastikan kamu memiliki modal yang cukup untuk memenuhi kebutuhan peralatan yang harus ada di coffee shop. 

Kemungkinan kamu akan membutuhkan waktu 6-12 bulan sampai bisa menikmati keuntungan. Maka dari itu, modal yang disiapkan harus mencukupi kebutuhan biaya operasional sampai keuntungan usaha coffee shop kamu dapat menutupi biaya operasional tersebut. Mengenai total biayanya, ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu pada orang-orang yang sudah berkecimpung dalam usaha semacam ini sebelumnya.

Anda juga perlu memahami bahwa di awal berdirinya, bisnis ini belum tentu bisa langsung menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari minimal untuk 6 bulan ke depan.

Menentukan lokasi usaha coffee shop

Selain modal, lokasi juga memiliki peran yang sangat penting dalam suatu usaha. Pemilihan lokasi menjadi penentu usaha yang kamu jalankan berhasil atau tidak. Oleh karena itu, carilah tempat yang strategis dengan akses yang mudah ditemukan oleh target market Anda. Usahakan berada di tengah-tengah keramaian.

Perizinan usaha bisnis coffee shop

Saat membuka usaha coffee shop, biasanya ada beberapa izin yang harus Anda dapatkan. Setiap kota biasanya punya syarat-syarat yang berbeda untuk mendapatkan izin tersebut. Mulai dari SITU, IMB, SIUP, NPWP, Izin Gangguan, AD/ART, dan Izin Keramaian dari kepolisian.

Mendesain tempat dan mempersiapkan peralatan

Demi kenyamanan pelanggan, desain tempat juga harus diperhatikan secara khusus. Anda perlu memikirkan konsep desain yang ingin diperlihatkan kepada pelanggan. Perhatikan juga style furniture yang akan dipilih. Selain tampak luar, perhatikan juga layout di bagian dalam yang tidak terlihat oleh pelanggan. Pikirkan bagaimana alur yang harus dijalankan para staff untuk mencatat pesanan pelanggan, membuat pesanan, dan menyajikannya.

Agar usaha coffee shop Anda berjalan lancar, gunakan peralatan yang berkualitas namun tetap terjangkau dengan modal yang tersedia. Dengan bermitra besama Coffeeland Indonesia, Anda akan mendapatkan perlengkapan dan peralatan coffee shop yang berualitas dengan dilengkapi layanan aftersale untuk produk mesin espresso dan grinder

Merekrut dan melatih staff

Pelayanan yang baik kepada pelanggan adalah hal penting untuk kesuksesan usaha apapun, termasuk coffee shop. Sebelum memilih staff, sebaiknya Anda tentukan dulu kualifikasi seperti apa yang Anda harapkan dari para pelamar. Anda juga harus mempertimbangkan, apakah ingin melatih sendiri para staff tersebut, atau lebih memilih mempekerjakan barista yang sudah berpengalaman.

Dengan bermitra bersama Coffeeland Indonesia, Anda dapat merekrut karyawan walaupun belum ada pengalaman sebagai barista sebelumnya. Karena Coffeeland Indonesia akan memberikan pelatihan untuk seluruh karyawan Anda, mulai dari pengetahuan dasar tentang kopi, coffee cupping, hospitality, SOP barista, pelatihan cara peggunaan dan perawatan equipment, hingga pelatihan pembuatan menu.

Mulai publikasi sebelum coffee shop buka

Sebelum mulai membuka coffee shop untuk publik, publikasikanlah terlebih dahulu di social media atau undang para food bloggers/influencers untuk menikmati kopi dan sajian di coffee shop Anda. Anda juga bisa memberian diskon spesial di hari pembukaan untuk menarik para pelanggan potensial. 

Kualitas rasa dan penyajian yang baik harus selalu diutamakan. Sajikan menu-menu dengan cita rasa yang menggugah selera. Kebersihan juga harus selalu diperhatikan agar pelanggan tak ragu mencicipi menu yang disajikan.

Untuk pemasaran, ada beberapa strategi yang dapat diterapkan, misalnya mengeluarkan biaya promosi dengan bekerja sama dengan pihak lain seperti food blogger yang bisa mempromosikan coffee shop Anda. Atau  Anda juga bisa bekerjasama dengan pihak lain dengan mengeluarkan biaya sponsor untuk event atau menjadi rekan penyedia minuman kopi dan konsumsi di event. Bagaimanapun strateginya, pertimbangkan selalu efisiensi budget. 

Sejalan dengan terus meningkatnya kepopuleran coffee shop di masyarakat, inilah waktu yang tepat untuk memulai usaha coffee shop. Tidak perlu ragu memulainya, jalani business plan Anda dengan baik.

Jangan lupa untuk mempercayakan seluruh kebutuhan coffe shop Anda kepada Coffeeland Indonesia, karena Coffeeland Indonesia dapat membantu melengkapi seluruh kebutuhan coffee shop Anda mulai dari mesin espresso hingga bahan baku untuk pembuatan menu.

Coffeeland Indonesia memiliki berbagai pilihan paket usaha yang dapat disesuaikan dengan konsep bisnis Anda. Dalam paket kemitraan tersebut sudah termasuk equipment, bahan baku awal, pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun.

Dengan bermitra besama Coffeeland Indonesia, membuka bisnis coffee shop dapat semudah menyeduh kopi.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket usaha Coffee Shop, silahkan hubungi Tim Marketing kami melalui nomor What’s App 087825958155.

 

 

 

 

 

 

Source: bukukas.co.id