MESIN ESPRESSO (COFFEE MACHINE) PERTAMA DI DUNIA

Mesin kopi pertama di dunia
Source: espressomachinecritic.com/

Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan.

Pembuatan minuman (brewing) kopi seperti ini dikembangkan di MilanItalia, sejak awal abad ke-20. Angelo Moriondo adalah seorang pedagang asal Turin dari keluarga pedagang minuman keras. Angelo mengembangkan bisnis keluarganya dengan membeli Grand-Hotel Ligure di Piazza Carlo Felice dan American Bar di Galleria Nazionale. Sejak itu, Angelo mulai merancang mesin yang dapat membuat kopi dengan cepat. Angelo bekerjasama dengan mekanik untuk membuat mesin espresso, yaitu Martina. Mesin espressonya dipamerkan pada tahun 1884 di General Expo, Turin.Angelo kemudian mendapatkan medali perunggu dari penyelenggara pameran.

Pada tahun 1901, Luigi Bezzera seorang pengusaha dari Milan mengembangkan mesin espresso yang sudah ada, hingga Luigi dikenal sebagai Bapak Espresso. Pada awalnya, Luigi mengembangkan mesin espresso bukan untuk kepentingan usahanya, tapi untuk mempersingkat waktu coffee break para buruh. Kemudian di tahun 1905, Desiderio Pavoni membeli hak paten mesin espresso dan mengenalkanya di pasar Italia.

Mesin kopi espresso milano gagia adalah sin espresso pertama yang menghasilkan crema atau lapisan busa di atas espresso.
Source: pinterest

Sekejap saja Desiderio mengubah cara orang Italia minum kopi! Desiderio terus bereksperimen membuat kopi dengan berbagai temperatur dan tekanan, serta mencoba menghilangkan rasa pahit yang berlebihan dari kopi. Meskipun mesin espresso sudah disempurnakan oleh Desiderio, tapi tetap dianggap kurang sempurna. Selanjutnya Achille Gaggia di tahun 1938 asal Italia membuat mesin espresso yang menghasilkan crema atau lapisan busa di atas espresso. Sampai saat ini, mesin espresso merek Gaggia menjadi mesin espresso yang paling terkenal di dunia.

mesin kopi espresso
credit by espressomachinecritic.com

Pada tahun 1950, sebuah perusahaan mesin kopi dari Italia FAEMA (Fabbrica Apparecchiature Elettromeccaniche e Affini) melakukan inovasi lain dengan membuat mesin espresso yang menggunakan sistem pompa. Mesin espresso merk ini pun sampai sekarang masih terjual di pasaran. Mesin espresso antik yang dibuat di tahun 1950 tersebut masih bisa kita temukan, baik yang merknya Gaggia atau pun FAEMA E61 Ariette Lambro Vintage Espresso Machine.

Untuk pemesanan Mesin Espresso merk Bezzera, Coffeeland Indonesia menyediakan beberapa type mesin espresso dengan merk Bezzera yang tentunya dengan penawaran yang sangat menarik untuk anda. Untuk Pemesanan silahkan hubungi Tim Marketing kami via Whatsapp.

 

  

Source: kompasiana.com

Leave a Reply

WhatsApp chat