Sama halnya seperti mesin pada umumnya, mesin kopi juga membutuhkan perawatan kebersihan secara rutin. Perawatan ini diperlukan agar mesin kopi tetap berfungsi dengan optimal sehingga cita rasa kopi yang dihasilkan tetap stabil. Selain itu perawatan mesin kopi juga diperlukan agar komponen spare part mesin kopi lebih awet. Karena faktanya, beberapa masalah kerusakan mesin kopi justru lebih banyak disebabkan karena kurangnya kebersihan part mesin. Karena itu, rutinitas perawatan kebersihan sederhana akan membantu mesin bekerja  dengan maksimal sehingga kualitas hasil espresso akan maksimal.

Anda bisa membersihkan mesin kopi sendiri di rumah dengan peralatan sederhana. Berikut ini adalah tips dan triknya.

Membersihkan Portafilter

Source

Bersihkan setiap hari dengan air panas. Cara yang paling umum adalah merendam portafilter di air panas kurang lebih 30 menit setelah selesai dipakai.

Membersihkan Grouphead atau Tempat Portafilter

Source

Bersihkan setiap hari di pagi hari. Tuangkan satu sendok teh pembersih khusus atau baking soda ke dalam portafilter Anda, lalu pasang portafilter ke Group Head. Aktifkan mesin kira-kira 10 detik, hentikan selama beberapa detik, lalu aktifkan kembali. Lakukan pola ini hingga empat kali. Lepaskan portafilter dan cuci hingga bersih. Kemudian pasang kembali mesin dan aktifkan mesin selama 10 detik.

Namun perlu diingat, cara ini hanya bisa dilakukan jika mesin Anda dilengkapi dengan electrovalve 3 arah yang memungkinkan backflushing.

Nozzle Uap atau Steam Wand

Source

Nozel uap harus selalu bersih setiap saat. Saat susu di-steam dan busa susu telah terbentuk, anda harus langsung mengelap steam wand dengan kain lembab yang bersih. Ingat, gunakan satu kain khusus untuk membersihkan steam wand. Jangan gunakan kain pembersih steam wand untuk membersihkan komponen lain karena cara ini akan merusak lubang semburan uap.

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.