Di Papua ada dua daerah penghasil kopi terbanyak yaitu Daerah  pertama Lembah Baliem, di tengah dataran tinggi Jayawijaya yang mengelilingi kota Wamena dan Daerah kedua adalah Lembah Kamu di daerah Nabire, di sisi timur dataran tinggi, yang mengelilingi kota Moanemani.  Kedua Daerah tersebut berada di ketinggian antara 1.400 hingga 2.000 meter diatas permukaan laut, dan ketiggian tersebut merupakan kondisi ideal untuk produksi kopi Arabika.

Petani Kopi Papua menggunakan proses unik yang disebut sebagai pengupasan basah atau wet-hulling (juga sering disebut sebagai semi washed). Menggunakan teknik ini, para petani mengupas kulit luar buah kopi dengan menggunakan mesin pengupas tradisional yang disebut “luwak”. Petani di Papua juga menggunakan proses semi washed, setelah melakukan pengupasan, kopi difermentasi selama 8 hingga 10 jam. Kemudian dibersihkan dari getah dan biji kopi dikeringkan hingga memiliki kandungan air 12%, atau dikupas dalam keadaan basah dan dikeringkan sebagai biji hijau. Karena lambatnya paparan teknologi modern, maka sebagian besar dari kegiatan pengolahan kopi tersebut dilakukan hanya dengan tangan. Pupuk kimia, pestisida dan herbisida tidak dipakai untuk tanaman kopi ini, dan membuat kopi Papua menjadi kopi yang langka dan juga berharga.

Berbicara tentang Kopi Papua, provinsi ini memiliki banyak lahan pertanian seperti Arfak, Sigri, Sorong, Samarai, dan masih banyak lagi. Semuanya ada di bawah nama kopi “Arabika Wamena”. Artinya ada potensi tersembunyi untuk masing-masing daerah menjadi produsen kopi asal tunggal.

Kopi Arabika Papua Wamena yang tumbuh di lembah Baliem pegunungan Jayawijaya Wamena dengan ketinggian 1.600 m di atas permukaan laut, yang tumbuh tanpa menggunakan pupuk kimia, karena tanah Papua yang sangat subur  sehingga kopi Arabika ini dihasilkan dengan kualitas yang sangat baik. Kopi Arabika Papua Wamena dapata digolongkan Kopi Organik berdasarkan proses pertumbuhan secara alami. Kopi Arabika ini memiliki cita rasa yang sangat khas di banding dengan cita rasa Arabika lainnya, aroma kopinya harum halus dan memiliki after taste yang sangat manis. Kopi Arabika Papua Wamena juga memiliki kadar asam yang rendah sehingga bisa dikonsumsi oleh semua orang.

 

 

 

Kopi Arabika Papua Wamena,
Tersedia Kemasan : 125gr, 250gr, 500gr, &  1Kg.
Untuk pemesanan silahkan Order via What’sApp : Klik disini!

 

 

 

 

 

 

Source : 1

Leave a Reply