PENGARUH WATER HARDNESS PADA MESIN KOPI DAN HASIL SEDUHANNYA

 

 

Pernahkan Anda mendapati hasil seduhan dengan rasa yang flat, pahit, atau ada asam yang kurang menyenangkan. Kebanyakan dari kita akan berasumsi, kemungkinan besar ada yang salah dengan kopi yang kita gunakan, atau ada teknik yang salah saat proses menyeduh. 

Namun ada hal yang sangat penting yang sering terlewatkan, yaitu Air. Ya, ada 98% air yang terdapat di kopi kita tersebut lho. Artinya, air merupakan elemen dengan peran yang sangat besar dalam membentuk cita rasa kopi.

Air yang kita gunakan sehari-hari untuk menyeduh kopi sebenarnya menyimpan banyak hal. Meskipun warnanya transparan, ada sejumlah zat larut dan zat padat yang penting untuk kita ketahui. Beberapa zat/mineral bisa membuat cita rasa kopi Anda justru menjadi tidak enak saat disesap. Ini sangat penting untuk dicatat, terutama jika Anda menggunakan air mineral. 

Apa itu water hardness?

Hardness secara umum menggambarkan ada berapa banyak mineral/zat yang terlarut dalam air. Contohnya: air dari tanah bisa dibilang lebih hard dibandingkan air permukaan. Ini disebabkan air tanah telah terlebih dahulu bersentuhan dengan mineral dibandingkan air permukaan.

Efek Pada Ekstraksi Espresso

Bagaimana water hardness mempengaruhi profil rasa kopi, secara ilmiah tercatat bahwa kualitas air berpengaruh cukup signifikan terhadap profil rasa kopi yang dihasilkan. Malahan beberapa penelitian terkait air dan rasa kopi juga menjelaskan senyawa yang terkandung pada air merespon bubuk kopi hingga bereaksi ciptakan profil rasa selama proses ekstraksi. Perbedaan kadar yang terkandung pada air seperti magnesium, ion kalsium, mineral dan lainnya pada dasarnya mempengaruhi pembentukan rasa kopi, ada yang menonjolkan karakter rasa kopi tertentu bahkan ada yang memudarkan karakter rasa kopi tertentu.

Efek Pada Mesin Kopi

Bagaimana membuat kopi yang enak dengan mesin kopi? Selain menggunakan biji kopi yang segar, memahami varibel pendukung juga harus rutin merawat dan membersihkan mesin kopi. Faktanya air yang digunakan untuk membuat kopi dari mesin kopi bisa menyebabkan sajian kopi hasilkan rasa yang tidak menarik. Penjelasannya, ketika air didihkan pada sistem pemanas di mesin kopi, proses itu juga menciptakan zat kapur skalanya berbeda dari jenis air yang digunakan. Zat kapur pada jumlah yang banyak dan menumpuk karena mesin tidak dibersihkan rutin, akan mengganggu ekstraksi kopi sehingga rasa kopi tidak senikmat biasanya.

Dalam mengatasi water hardness, diperlukan water softener dengan resin kation yang berfungsi untuk menghilangkan kemampuan ion pada air dalam membentuk scale atau kerak.

Untuk Water Softener, Coffeeland Indonesia menyediakan mesin water softener Addolcitore dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Volume 8 liter
  • Diameter 185 mm
  • Height 400 mm
  • Supply water pressure min 1bar max 8bar
  • Maximum flow rate recommended 1000l/h
  • Drinking water temperature min 5°C max 55°C
  • Water network connections 3/8 ” M
  • Salt conteny for re generation 1Kg

Dengan harga terjangkau, Anda bisa mendapatkan kualitas air terbaik yang layak digunakan. Untuk pembelian dan pemesanan dapat menghubungi Tim Marketing melalui nomor Whatsapp 087825958155.

 

 

 

 

 

 

Source: ottencoffee.co.id