MANFAAT DAN EFEK SAMPING MENGKONSUMSI KOPI HITAM TANPA GULA SETIAP HARI

Menurut sebagian orang, kopi yang digiling sesaat sebelum dikonsumsi, adalah salah satu minuman terbaik. Minuman itu diklaim memiliki beragam khasiat kesehatan bagi sejumlah orang. Hanya saja, khasiat itu bisa Anda dapatkan jika Anda meminumnya tanpa perpaduan komposisi lain, bahkan gula sekalipun.

Para ahli menyarankan agar orang dewasa mengkonsumsi setidaknya dua cangkir kopi hitam setiap hari, yaitu sekali di pagi hari setelah sarapan, dan satu cangkir di malam hari.

Berikut adalah 9 manfaat minum kopi hitam tanpa tambahan gula:

1. Membantu daya ingat

Kopi hitam dipercaya dapat membantu otak untuk tetap aktif, meningkatkan daya memori. menjaga saraf tetap aktif, dan mencegah demensia.

2. Diklaim membantu fungsi kognitif otak

Kafein adalah stimulan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan suasana hati, energi, dan fungsi kognitif seseorang.

3. Membantu membersihkan saluran pencernaan

Kopi adalah minuman diuretik, dengan minum kopi hitam tanpa gula, racun dan bakteri dapat dengan mudah ikut terbawa bersama feses yang dibuang.

4. Membantu mengurangi berat badan

Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari kopi hitam tanpa gula adalah membantu menurunkan berat badan. Minuman ini membantu meningkatkan metabolisme hingga 50 persen, yang membuat Anda lebih banyak berolahraga. Kopi hitam juga membantu membakar lemak di perut.

5. Membantu mencegah penyakit jantung

Ketika Anda minum kopi hitam tanpa gula, dapat menguntungkan organ jantung Anda. Kopi mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Dengan demikian mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

6. Menguatkan antioksidan dalam tubuh

Kopi hitam diklaim memiliki efek antioksidan. Secangkir kopi mengandung vitamin B2, B3, B5, zat mangan, magnesium, dan potasium.

7. Mengurangi resiko diabetes

Minum kopi hitam mengurangi risiko diabetes tipe 2. Ini adalah minuman yang ampuh untuk mengatur kadar insulin dalam tubuh.

8. Membantu mencegah kanker

Ucapkan selamat tinggal pada kanker dengan minum dua cangkir kopi hitam tanpa gula. Minuman ini mengandung sifat anti-kanker yang membantu menurunkan resiko kanker kolorektal, dan dapat menurunkan resiko kanker hati hingga 40%.

9. Menjaga mood

Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari kopi hitam tanpa gula adalah dapat membantu menjaga pikiran dan tubuh tetap muda. Minum ini dua kali sehari, bisa mencegah penyakit Parkinson. Karena kafein meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Dopamin juga dapat secara efektif meningkatkan suasana hati Anda. Ini juga merupakan obat terbaik untuk mencegah depresi.

Dibalik manfaatnya, kopi hitam tanpa gula juga ternyata dapat menimbulkanefek samping bagi sebagian orang. Berikut 7 Efek negatif terlalu banyak minum kopi:

1 Meningkatkan kecemasan,dan dapat mengganggu pola tidur seseorang (insomnia).

2. Kafein berinteraksi dengan beberapa obat, termasuk obat tiroid, obat psikiatrik dan depresi, antibiotik Cipro, dan obat mulas Tagamet.

3. Bagi beberapa orang, kopi dapat meningkatkan kadar gula darah dan tekanan darah, karena bagi mereka dengan diabetes tipe 2 tubuhnya akan kesulitan mengelola insulin mereka.

4. Kafein berpotensi menyebabkan pelemahan tulang belakang pada wanita pasca menopause jika mereka biasanya minum lebih dari tiga cangkir, atau 300 mg kafein, sehari, tetapi tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan mereka. Seorang wanita yang lebih tua harus memastikan dia mendapatkan setidaknya 800 mg kalsium setiap hari melalui makanan atau suplemen, untuk mengimbangi efek kafein pada kalsium,

6. Kopi dapat meningkatkan kadar asam lambung dalam tubuh seseorang dan dapat mengakibatkan masalah pencernaan bagi beberapa orang.

7. Bagi seseorang yang memiliki keluhan kolesterol tinggi mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula sangat tidak dianjurkan, karena kopi mengandung cafestol dan kahweol, minyak yang meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh..

 

Source: 1

Leave a Reply