WAKTU YANG DIANJURKAN UNTUK MINUM KOPI

Minum kopi kerap jadi rutinitas pagi kebanyakan orang. Ada pula yang bilang jika belum ‘ngopi’ rasanya ada yang kurang. Namun, rupanya pemilihan waktu untuk minum kopi punya efek pada hari Anda. Mengapa kita harus minum kopi di waktu yang tepat? Tentu agar Anda dapat merasakan manfaat maksimalnya. Jika Anda minum kopi di waktu yang salah, manfaat banyak kopi yang Anda sudah tahu tidak akan Anda dapatkan, sangat disayangkan jika begitu. Waktu yang disarankan untuk mengkonsumsi kopi di waktu 90 menit hingga 2 jam setelah bangun tidur atau sekitar jam 9:30 hingga 11:30 dan juga setelah jam makan siang, yakni 13:30 hingga jam 17:00. Karena pada jam-jam tersebut, kadar hormon kortisol dalam darah cenderung menurun dengan drastis sehingga kita pun bisa mendapatkan manfaat kopi yang bisa membantu kita mengatasi rasa kantuk.

Patut diketahui bahwa hormon kortisol merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal yang mana turut mempengaruhi aktifitas berbagai organ seperti jantung, sistem saraf pusat, ginjal, dan kondisi kehamilan.

Hormon ini secara alami membantu mengubah cadangan energi menjadi gula, sehingga dapat digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai bahan bakar. Di satu sisi, kandungan kafein pada kopi juga bermanfaat untuk memberikan asupan energi pada tubuh, karena itulah kenapa kopi efektif diminum saat bekerja dan beraktifitas.

Sehingga jika kedua zat ini berinteraksi, maka hormon kortisol yang seharusnya berfungsi untuk meningkatkan energi, akan terbuang sia – sia karena tergantikan oleh zat kafein pada kopi. Padahal, tanpa perlu meminum kopi di saat itupun, tubuh memang sedang memproduksi energi untuk mengoptimalkan kinerja organ – organ tubuh kita.

Atas alasan itulah, banyak pakar kesehatan yang menyarankan agar kita meminum kopi di saat kadar hormon kortisol menurun.

“Di pagi hari, kopi paling efektif dinikmati antara pukul 09.30 hingga 11.30, saat kadar kortisol Anda menurun sebelum setelahnya naik lagi,” katanya dikutip dari Telegraph.

Patut diketahui bahwa jadwal produksi kortisol akan meningkat di 3 waktu khusus, yakni 08.00 s.d 09.00 pagi, pukul 12.00 s.d 13.00 siang, dan terakhir pada pukul 18.00 s.d 19.00 sore. Jadi memang sangat disarankan agar anda menghindari untuk meminum kopi di jam – jam tersebut.

Selain memperhatikan jadwal minum kopi, pilihan minuman kopi yang baik juga harus anda perhatikan. Pilihlah kopi dengan kualitas terbaik dan dijamin 100% kopi asli. Sehingga khasiat dan manfaat kopi yang anda dapatkan bisa lebih maksimal.

Selain memilih waktu terbaik untuk meminum kopi, meminum kopi yang baik ternyata juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh kita lho. Banyak diantara kita yang langsung meminum kopi saat baru bangun tidur. Padahal menurut pakar kesehatan, minum kopi sehabis bangun tidur tidaklah baik bagi tubuh kita, karena pada saat itu hormon Kortisol berada pada level tertinggi.

Untuk pembelian produk kopi Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti Arabika Malabar SpecialtyArabika Mandheling Specialty, Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Toraja Specialty, dan Arabika Bali Kintamani Specialty. Tersedia dalam kemasan 120 gr, 250 gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

Source: coffindo.id