MENGENAL METODE ROASTING TORREFACTO

Hasil gambar untuk torrefacto adalah
Source

Ada banyak sekali metode roasting kopi, salah satunya Torrefacto. Lalu apa itu Torrefacto? Torrefacto adalah sebuah metode roasting yang menambahkan gula ke biji kopi di bagian akhir proses penyangraian. Gula yang ditambahkan berkisar 10 – 15% dari berat kopi pada saat proses roasting berlangsung. Hal ini dipercaya akan menambahkan rasa manis, mempertebal krema, membuat biji kopi lebih mengkilap dan terlihat indah. Tak hanya itu, ini juga dipercaya memperlambat proses oksidasi dan membuat biji kopi bisa lebih lama bertahan saat disimpan dalam kurun waktu yang tertentu.

Biji kopi hasil penyangraian menggunakan metode torrefacto bukanlah biji kopi yang di-roasting pada level dark sehingga terlihat gosong. Torrefacto dan dark roast adalah dua hal berbeda meski sama-sama menghasilkan cita rasa pahit dan membuat biji kopi bertahan lebih lama. 

Torrefacto biasanya ditemukan di negara-negara seperti Spanyol, Perancis, Portugal, Meksiko, Bolivia, Argentina dan beberapa negara Amerika Latin lainnya. torrefacto juga biasa diaplikasikan pada 1920. Pada masa itu peminum kopi percaya bahwa torrefacto adalah cara roasting yang membuat rasa kopi lebih enak, manis dan bertahan lama. Selain itu,torrefacto disebutkan akan membuat aroma dan rasa kopi menjadi berbeda. Gula yang ditambah saat proses roasting menyebabkan gula tersebut meleleh dan gosong. Itulah yang menyebabkan rasa pahit, karamel dan warna hitam yang identik pada biji kopi hasil torrefacto.

 

 

  

Source: 1

Leave a Reply