MENGENAL SUSU SKIM | SUSU RENDAH LEMAK

Source

Definisi Susu Skim

Susu skim sering disebut juga sebagai susu non fat.  Susu skim melewati proses penghilangan kadar lemak yang cukup signifikan. Kadar lemak yang tersisa hanya berkisar 0% – 0,5%. Namun vitamin yang larut dalam lemak juga turut hilang dalam proses tersebut.

Kandungan lemaknya yang sangat rendah membuat teksturnya lebih cair dan asupan kalori susu ini lebih rendah dibanding susu lainnya. Susu ini cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang dalam program diet. Ini karena susu skim mengandung lebih sedikit lemak dan kalori dibandingkan susu biasa. Selain itu, susu skim juga mengandung banyak protein, thiamine, riboflavin, vitamin B12, dan mineral.

Proses Pembuatan Susu Skim

Secara tradisional, susu didiamkan supaya lemak susu menggambang di permukaan. Lemak ini dipisahkan untuk dibuat butter dan produk krim lainnya. Susu yang telah diambil lemaknya ini dikonsumsi atau diproses lebih lanjut untuk membuat produk susu lainnya.

Pembuatan produk susu modern menggunakan teknik sentrifugasi, karena lebih hemat waktu. Sentrifugasi adalah metoda pemisahan kandungan bahan berdasarkan perbedaan berat jenis dengan menggunakan mesin putar berkecepatan tinggi. Bagian yang kental atau berbentuk krim yang dikumpulkan dari lapisan atas digunakan untuk membuat keju, butter, atau produk susu lainnya.

Susu skim dari pabrik disterilisasi dengan teknik pasturisasi untuk membunuh mikroorganisma yang mungkin terdapat dalam susu. Setelah pasturisasi, susu juga dihomogenisasi untuk memecah padatan lemak sehingga kekentalannya merata. Susu lalu dididihkan sekali lagi untuk memisahkan lapisan krim di bagian atasnya. Susu skim lalu dikemas dan dikirim ke berbagai tempat. Untuk membuat susu skim bubuk, susu skim dievaporasi sampai kering. Hal ini akan membuat susu skim lebih tahan lama serta memudahkan transportasi dan penyimpanan.

Beragam Manfaat Susu Skim

Selain membantu mengontrol berat badan, berikut beberapa manfaat lain dalam mengonsumsi susu skim yang perlu Anda ketahui:

  • Rendah lemak

Susu skim tidak mengandung krim seperti pada susu biasa. Ini membuat susu skim rendah lemak. Tak adanya lemak jenuh dalam susu skim akan mencegah penambahan berat badan

  • Tinggi protein

Susu skim mengandung lebih banyak protein dengan sembilan asam amino. Asam amino penting untuk membentuk otot tubuh. Berdasarkan penelitian, protein dalam susu skim membentuk otot lebih cepat dibandingkan dengan protein kedelai. Susu skim mengandung casein, protein yang mudah dicerna.

  • Mengandung lebih sedikit kalori

Susu skim mengandung lebih sedikit kalori dibandingkan dengan susu murni. Satu gelas susu skim mengandung 71 kalori sementara susu sapi murni mengandung 160 kalori.

  • Kaya mineral

Susu skim kaya akan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh seperti selenium, potasium, kalsium, magnesium, zinc, dan fosfor. Kalsium membantu membentuk gigi dan tulang yang kuat serta menjaga kesehatan otot. Sementara itu potasium penting untuk menjaga tekanan darah dan fungsi jantung.

  • Mencegah peradangan Osteoarthritis (radang sendi)

Osteoarthritis adalah penyakit yang membuat sendi-sendi menjadi bengkak, sakit dan kaku. Meski butuh penelitian lebih lanjut, setidaknya minum susu skim atau susu utuh biasa dapat menjadi pilihan yang baik untuk penderita osteoarthritis karena dapat melawan perkembangan osteoarthritis.

  • Mengurangi asam urat

Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa minum susu skim yang ditambah dengan ekstrak lemak susu (G600) dan glycomacropeptide (komponen kecil protein sejenis asam amino) mampu mengurangi serangan asam urat dan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit tersebut. Susu skim campuran tersebut juga diduga dapat mengurangi nyeri asam urat, nyeri sendi dan kadar asam urat dalam urine.

  • Mencegah penyakit asam lambung (GERD)

Susu sapi biasa mengandung lemak dalam jumlah besar yang dapat menyebabkan memperburuk gejala penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Oleh karena kadar lemak dalam susu skim tergolong rendah, sehingga jenis susu yang satu bisa bisa menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi.

Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi jangan memberikan susu skim kepada anak-anak di bawah usia lima tahun. Hal ini ini karena susu skim tidak memiliki kandungan lemak dan kalori yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Juga jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, sebaiknya tanyakan ke dokter gizi mengenai pilihan produk susu skim yang tepat.

 

 

 

  

Source: 1, 2

 

 

 

 

Leave a Reply