MENJADIKAN POHON KOPI SEBAGAI TANAMAN HIAS

 

Source: i.pinimg.com

Selama ini mungkin kita mengira pohon kopi hanya dapat tumbuh di perkebunan / diluar rumah saja karena ukurannya yang cukup tinggi. Namun, ternyata tanaman kopi bisa juga dijadikan tanaman hias dirumah loh.

Tanaman kopi dapat tumbuh di dalam rumah dengan perawatan yang sederhana dan relatif mudah. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara penanaman dan juga cara perawatan tanaman kopi di rumah.

Cara Penanaman dan Pemeliharaan

Langkah awal untuk menanam tanaman kopi dalah dengan cara membeli bibit tanaman kopi. Pada umumnya bibit tanaman kopi berukuran 10-15 cm atau yang sudah memiliki daun dan ditanam didalam polybag. Anda dapat memindahkan bibit kopi tersebut kedalam pot kecil, dan meletakkannya di dekat jendela atau ruangan yang terkena cahaya matahari, namun bukan cahaya matahari langsung. 

Untuk perawatannya, cukup dengan berikan air pada tanaman kopi secukupnya agar tanah tetap lembab tetapi jangan sampai tanah tenggelam dengan air. Pastikan juga air di dalam pot cukup untuk nutrisi tanaman kopi. 

Jika tanaman kopi sudah tumbuh tinggi, sebaiknya tanaman kopi tesebut di pindahkan kedalam pot yang lebih besar agar akar dari tanaman kopi lebih leluasa menerima nutrisi. 

 

Dengan perawatan dan penyiraman air yang cukup serta tempat yang tepat, tanaman kopi bisa tumbuh subur. Sangat mudah bukan untuk menjadikan tanaman kopi sebagai hiasan rumah kalian agar terlihat lebih indah?

      

Source: kompasiana.com

Pic Source: i.pinimg.com