MESIN ESPRESSO SINGLE BOILER VS DOUBLE BOILER, MANA YANG LEBIH BAIK?

Mesin espresso merupakan bagian terpenting dalam bisnis Coffee Shop. Tidak heran jika para pemilik usaha kedai kopi /coffee shop harus merogoh kocek yang dalam agar dapat menghadirkan mesin kopi yang berkualitas dengan fitur yang lengkap.

Dalam dunia mesin espresso baik untuk home use dan profesional, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah fitur dan fungsi boiler dari mesin tersebut. Boiler pada mesin espresso digunakan untuk menampung air yang nantinya akan dialirkan ke group head dan steam. Bagi orang awam hal ini memang terihat sepele, Namun dari boiler inilah akan menghasilkan cara kerja mesin kopi yang berbeda.

Cara kerja Boiler itu sendiri adalah, air pada sumber air atau bisa disebut reservoir akan dialirkan ke dalam boiler lalu dipanaskan hingga mencapai suhu tertentu sesuai kebutuhan, yang nantinya digunakan untuk membuat espresso atau untuk frothing susu.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis minuman kopi pastilah masih bingung dalam memilih mesin kopi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, antara Single Boiler atau Double Boiler? Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang perbedan mesin espresso single boiler dan mesin espresso double boiler. Yuk simak pembahasannya!

Mesin Espresso Single Boiler

Yang dimaksud Mesin Kopi Single Boiler, yaitu mesin tersebut hanya memiliki 1 boiler saja dimana penggunanya tidak bisa melakukan proses ekstraksi dan steaming secara bersamaan dan biasanya membutuhkan waktu memanaskan suhu kembali, kurang lebih 2 menit secara bergantian untuk proses ekstraksi atau frothing susu.

Untuk mempercepat proses penurunan suhu, maka biasanya boiler di kosongkan terlebih dahulu air nya dengan cara membuka kran steam pada mesin sampai steam siap digunakan. Begitu juga setelah steam dan kemudian ingin brewing espresso, maka kran steam dibuka lebar dan kran brew/hot water juga dibuka, agar air dalam boiler cepat naik kembali suhu nya.

Mesin Espresso Double Boiler

Mesin Kopi Double Boiler memiliki 2 boiler terpisah yang masing-masing berfungsi mempertahanan suhu ekstraksi (Brewing) dan satu lagi khusus untuk proses steaming. Sehingga dapat melakukan proses Ekstraksi dan Steaming susu dengan waktu singkat karena dapat dilakukan secara bersamaan.

Teknologi Double Boiler dapat dikatakan sebagai teknologi pemanasan yang terbaik untuk saat ini. Kelebihan double boiler ini adalah suhu nya yang lebih stabil, karena masing-masing berdiri sendiri, tidak dalam satu tabung seperti single boiler.

Kesimpulannya, Memilih mesin kopi dengan besaran boiler tergantung dari kebutuhan masing-masing. Jika coffee shop Anda masih belum membutuhkan memakai double boiler karena dirasa masih cukup baik kinerjanya, bisa jadi kebutuhan untuk customer masih bisa terpenuhi. Dan sebaliknya, jika coffee shop Anda membutuhkan performa yang lebih cepat dan sangat baik disarankan menggunakan Mesin Kopi dengan Double Boiler, karena mesin kopi tipe ini memang sudah terbukti memberikan kepuasan tersendiri kepada setiap pemakainya.

Untuk Pemesanan, Coffeeland Indonesia menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda. Anda dapat melakukan pembelian mesin kopi saja tanpa harus membeli paket kemitraan / paket usaha.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian mesin kopi dapat menghubungi Tim Marketing kami melalui nomor Whatsapp 087825958155.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: indotara.co.id