MENGAPA RASA SEDUHAN KOPI BERUBAH SAAT DIDIAMKAN?

 

 

Hallo Brewers, kamu pernah tidak menyeduh kopi tapi tak langsung menyesapnya, dan malah baru meminumnya saat suhunya sudah turun atau jadi dingin? Bagi kamu yang sering minum kopi sembari bekerja, pasti hal seperti ini pernah terjadi. Saking larutnya dengan pekerjaan, sampai-sampai lupa kalau ada secangkir kopi hangat yang tadi baru diseduh.

Sadarkah brewers, saat kopi yang sudah dingin tersebut kamu sesap kembali, cita rasanya menjadi sedikit berubah? Entah semakin terasa asam, atau notes cecapan rasa dalam kopi semakin kentara. Misalnya saja, kopi gayo wine yang memiliki notes rasa anggur, saat dinikmati pada suhu dingin, katakanlah 10 hingga 15 menit usai diseduh, rasa anggur tersebut akan semakin kuat terasa.

Mengapa demikian? Cita rasa kopi yang berubah setelah suhunya semakin turun atau dingin disebabkan karena dua faktor, yakni ampas yang tertinggal di dalam cairan kopi, serta suhu dari air itu sendiri. Ampas kopi yang masih tercampur dengan air dan minuman kopi (biasanya pada sajian kopi tubruk) akan semakin keluar ekstraknya, membuatnya semakin terasa kuat. Selain itu, suhu air juga sangat berpengaruh terhadap fermentasi kopi (yang akan menguarkan aroma dan cita rasanya juga). Semakin panas suhu air, aroma dari fermentasinya justru tidak akan tercium. Sebaliknya, semakin dingin suhu air, akan semakin kuat pula fermentasinya. Kemudian tingkat keasaman atau acidity-nya pun akan meningkat. Apapun itu kopinya.

Mencari biji kopi berkualitas untuk seduhan kopimu dirumah? Beli saja di Coffeeland Indonesia. Kami menyediakan berbagai varietas Single Origin berkualitas khas Nusantara dengan harga yang terjangkau. Mulai dari Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120 gr, 250 gr dan 1 Kg. Untuk pemesanan hubungi Tim Marketing kami melalui Whatsapp.

 

  

Source: Kumparan.com

 

Leave a Reply