PENTINGNYA MEMBERSIHKAN STEAM WAND PADA MESIN ESPRESSO

Source

Mesin kopi atau mesin espresso adalah alat yang biasa digunakan oleh para Barista untuk menyeduh kopi dengan mudah tanpa harus membuatnya secara manual. Dengan adanya mesin ini, rasa kopi yang dihasilkan akan lebih keluar aroma kopi yang dihasilkan kuat.

Sama seperti mesin pada umumnya, mesin kopi juga membutuhkan perawatan kebersihan secara rutin. Perawatan ini diperlukan agar mesin kopi tetap berfungsi dengan optimal sehingga cita rasa kopi yang dihasilkan tetap stabil. Selain itu perawatan mesin kopi juga diperlukan agar komponen spare part mesin kopi lebih awet. Namun pada kenyataannya, terkadang masih ada barista yang beranggapan bahwa pembersihan untuk steam wand  cukup dilakukan pada saat coffee shop tutup.

Steam wand yang tidak dibersihkan sesering mungkin sebenarnya menyimpan bakteri pada ujungnya, dan hal ini sangat mengganggu hasil sajian kopi. Maka preses membersihkan steam wand setelah men-steam susu harusnya dimasukkan pada standar operasional yang dilakukan oleh barista. Dan untuk barista pemula pada saat magang lebih baik diungkapkan alasan mengapa steam wand harus dibersihkan sesering mungkin.

Tips ketika akan men-steam susu untuk sajian kopi susu, sediakan lap yang selalu siap untuk digunakan di tempat yang nyaman untuk diambil. Beberapa barista, ada yang memasangkan lap ke apron mereka ada juga yang meletakkannya di sebelah mesin espresso. Dan perlu diketahui, bahwa lap tersebut harus dicuci minimal sehari sekali, atau jika sudah terlalu basah lebih baik menggantinya dengan lap lainnya. Jangan gunakan kain pembersih steam wand untuk membersihkan komponen lain karena cara ini akan merusak lubang semburan uap.

Sebelum men-steam susu, beberapa barista membuka knop untuk mengalirkan uap sebelum menggunakannya, ada juga yang langsung memasukkan steam wand ke pitcher untuk men-steam susu tanpa membuang uap terlebih dahulu. Dan selanjutnya, setelah susu di-steam dan knop uap sudah ditutup, akan ada sisa foam yang menempel di steam wand, maka bersihkanlah dengan lap. Setelah steam wand dibersihkan menggunakan lap, buka knop uap untuk memastikan tidak ada lagi foam susu yang masih menempel di lubang steam wand di bagian dalam. Jika hanya membersihkan bagian luarnya saja, tanpa membuang uap pada tahap akhir, bisa dipastikan lama kelamaan foam yang menempel pada lubang steam wand akan menggumpal dan mengganggu steam susu berikutnya.

Namun bukan berarti, jika sudah sering membersihkan steam wand setelah steaming, maka tidak memerlukan pembersihan lagi saat coffee shop akan tutup. Menjaga peralatan dan perlengkapan tetap bersih adalah keharusan untuk menjaga konsistensi rasa dan juga menjaga agar sajian kopi tetap sehat untuk dikonsumsi pelanggan.

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App >> Klik : 

 

  

 

Source: 1.

Leave a Reply