JANGAN DIBUANG, AMPAS KOPI TERNYATA BISA DIMANFAATKAN!

manfaat dan kegunaan ampas kopi sehari-hari
Source: ecologismos.com

Sejak adanya himbauan social distancing dari pemerintah, intensitas seduh kopi dirumah akan lebih sering dilakukan. Dan pastinya akan menghasilkan banyak ampas kopi yang dibuang begitu saja.

Namun, tahukah anda bahwa ampas kopi yang sering dianggap limbah rumah tangga, dapat dimanfaatkan kembali. Berikut adalah beberapa kegunaan ampas kopi.

Menjadi pupuk tanaman

Siapa yang menyangka ternyata ampas kopi dapat menjadi pupuk tanaman yang akan menambah nutrisi untuk tanah dan membantu pertumbuhan tanaman tersebut. Tingginya kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga, dapat memberikan nutrisi yang sangat baik untuk tanah. Caranya sangat mudah, anda dapat langsung menaburkan ampas tersebut ke tanaman.

Digunakan untuk membuat Face and Body Scrub

Kandungan di dalam kopi dipercaya bisa membantu kulit semakin halus. Partikel kasar dan kandungan asam dari bubuk kopi berfungsi sebagai exfoliator yang sempurna untuk kulit, yang dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel mati dikulit.

Anda bisa membuat scrub kopi sendiri dirumah, sebagai alternatif perawatan di salon kecantikan ketika masa pandemi ini. Proses pembuatan body scrub juga mudah dan tidak butuh alat yang sulit. Cukup campurkan ampas kopi dengan air atau minyak kelapa, lalu scrub sudah bisa digunakan.

Anti hama atau serangga bagi tumbuhan

Siapa yang menyangka ternyata bubuk kopi bisa mencegah hama pada tanaman. Untuk mencegah hama pada tanaman kesayangan, anda bisa menaburkan ampas kopi pada tanah di sekitar pot tanaman untuk mencegah datangnya bekicot, siput, ulat, dan hewan pemakan daun lainnya yang bertubuh lunak.

Pengaharum atau Penetral bau

Bubuk ampas kopi bisa menjadi pengharum atau penetral bau di dalam ruangan. Caranya cukup taruh bubuk kopi dalam wadah dan tempatkan di dekat ventilasi. Hal ini bisa dilakukan untuk menghilangkan dan menetrakan bau ruangan seperti bau cat baru dan bau pengap.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Ampas kopi tidak hanya bermanfaat untuk wajah dan badan saja, nyatanya manfaat kopi juga sangat baik dalam merangsang pertumbuhan rambut lho. kandungan kafein dalam ampas kopi terbukti mampu memperkuat akar rambut, memperpanjang pertumbuhan rambut, hingga mampu memproduksi keratin rambut lebih banyak yang berguna untuk pertumbuhan rambut. Caranya dengan membuat pasta dari ampas kopi dan minyak zaitun, lalu menggosokkan campuran bahan tersebut pada akar rambut secara perlahan. Kemudian tunggu sekitar 5 – 10 menit lalu dibilas dengan air dan sampo hingga bersih.

Masih ada banyak hal yang dapat di manfaatkan dari ampas kopi sebelum anda membuangnya. Kalian punya tips lain untuk memanfaatkan ampas kopi?

Untuk pemesanan kopi supaya kegiatan seduh kopi dirumah anda tetap berjalan lancar. Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai varian kopi nusantara seperti Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120 gr, 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi dan pembelian dapat menghubungi team marketing kami via Whatsapp.

  

Source: food.detik.com, sajiansedap.grid.id.

Leave a Reply