JANGAN DIBUANG! AMPAS KOPI TERNYATA BISA DIMANFAATKAN

manfaat dan kegunaan ampas kopi sehari-hari
Source: ecologismos.com

Sejak adanya himbauan social distancing dari pemerintah, intensitas seduh kopi dirumah akan lebih sering dilakukan. Dan pastinya akan menghasilkan banyak ampas kopi yang dibuang begitu saja.

Namun, tahukah anda bahwa ampas kopi yang sering dianggap limbah rumah tangga, dapat dimanfaatkan kembali. Berikut adalah beberapa kegunaan ampas kopi.

Mengharumkan kulkas

Menyimpan banyak makanan di dalam kulkas dapat membuat aroma kulkas bercampur aduk dan menimbulkan aroma tidak sedap di kulkas. Jika bau tidak sedap itu sulit hilang dari kulkas, anda bisa menaruh ampas kopi di mangkuk lalu diamkan selama 2 jam di dalam kulkas. Maka aroma kopi akan membantu menetralkan bau kulkas.

Digunakan untuk membuat body scrub atau lulur tubuh

Kandungan di dalam kopi dipercaya bisa membantu kulit semakin halus. Partikel kasar dan kandungan asam dari bubuk kopi berfungsi sebagai exfoliator yang sempurna untuk kulit, yang dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel mati dikulit.

Anda bisa membuat lulur kopi sendiri dirumah, sebagai alternatif perawatan di salon kecantikan ketika masa pandemi ini. Proses pembuatan body scrub juga mudah dan tidak butuh alat yang sulit. Cukup campurkan ampas kopi dengan air atau minyak kelapa, lalu lulur sudah bisa digunakan.

Mengurangi dan menyamarkan selulit di tubuh

Banyak wanita kesulitan untuk menghilangkan selulit karena memang sangat mengganggu penampilan. Salah satu resep alami yang mudah dilakukan di rumah adalah dengan bubuk kopi. Anda bisa melakukannya dengan cara mencampurkan bubuk kopi dengan body lotion lalu letakkan dibagian selulit tersebut kemudian digosok atau dipijat, diamkan selama setengah jam, lalu bilas.

Mencegah penuaan

Selain dimanfaatkan sebagai body scrub, ampas kopi juga bisa digunakan sebagai masker yang dapat mencegah penuaan pada wajah. Membuat masker wajah berbahan dasar kopi juga sangat mudah. Cukup menggunakan ampas kopi yang sudah diseduh sebelumnya, lalu oleskan pada wajah selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Kandungan kafein dan antioksidan pada ampas kopi dapat menjadi solusi untuk mencegah penuaan dan mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Sebagai pewarna alami

Ampas kopi juga bisa menjadi pewarna rambut. Mewarnai rambut dengan ampas kopi pastinya lebih aman, karena tidak mengandung bahan kimia. Meskipun tidak bertahan lama, tapi setidaknya bisa menghilangkan uban pada rambut Anda.

Anti hama atau serangga bagi tumbuhan

Siapa yang menyangka ternyata bubuk kopi bisa mencegah hama pada tanaman. Untuk mencegah hama pada tanaman kesayangan, anda bisa menaburkan ampas kopi pada tanah di sekitar pot tanaman untuk mencegah datangnya bekicot, siput, ulat, dan hewan pemakan daun lainnya yang bertubuh lunak.

Menjadi pupuk tanaman

Siapa yang menyangka ternyata ampas kopi dapat menjadi pupuk tanaman yang akan menambah nutrisi untuk tanah dan membantu pertumbuhan tanaman tersebut. Tingginya kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga, dapat memberikan nutrisi yang sangat baik untuk tanah. Caranya sangat mudah, anda dapat langsung menaburkan ampas tersebut ke tanaman.

Mengempukkan daging

Dalam mengolah daging kambing atau daging sapi tentunya menjadi tantangan tersendiri. Karena tidak mudah untuk membuat daging menjadi empuk. Sifat asam dari kopi bekerja sebagai pelunak daging yang baik dan juga menambahkan cita rasa yang berbeda. Kopi mengandung asam dan enzim alami, yang membantu melunakkan daging dan menambahkan rasa yang indah dan kaya pada masakan daging anda. Cukup rendam dengan bubuk kopi yang dilarutkan sebelum dimasak

Dapat menghilangkan noda pada wajan

Selain dimanfaatkan untuk dunia kecantikan, ampas kopi juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga. Ampas kopi dapat digunakan untuk membersihkan noda pada wajan yang sulit dihilangkan. Caranya sangat mudah, cukup dengan mencampurkan air sabun dan ampas kopi, lalu gosok di bagian noda yang sulit dihilangkan.

Dapat menghilangkan goresan pada furnitur

Pasti Anda berpikir bahwa goresan pada furnitur tidak bisa hilang. Ternyata ampas kopi juga bisa menghilangkan goresan – goresan yang merusak pemandangan pada furnitur. Caranya hanya dengan mengoleskan furniture yang tergores dengan kain lap yang sudah dicelup dengan kopi hitam kental.

Demikian adalah beberapa alternatif untuk memanfaatkan ampas kopi bekas seduhan kopi anda dirumah.

Untuk pemesanan kopi supaya kegiatan seduh kopi dirumah anda tetap berjalan lancar. Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai varian kopi nusantara seperti Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi dan pembelian dapat menghubungi team marketing kami. KLIK >>>>

  

 

 

 

Source: food.detik.com

Leave a Reply

WhatsApp chat