ARABIKA VS ROBUSTA : MANA YANG LEBIH ENAK?

Kopi arabika dan robusta, masing-masing memiliki penggemarnya di seluruh dunia. Lantas, kopi manakah yang paling enak di antara keduanya?

Untuk mengetahui kopi yang paling enak di antara kopi arabika dan kopi robusta adalah hal yang sulit. Jawaban antara satu orang dengan orang lainnya mungkin akan berbeda mengenai hal ini, karena Anda tidak akan pernah bisa memilih hanya kopi robusta  atau hanya kopi arabika  saja sebagai kopi yang paling enak.

Sebenarnya, apa yang membuat Arabika dan Robusta begitu berbeda? Kali ini kami akan mengulas lebih dalam soal perbedaan kedua jenis kopi ini. 

Jika Anda pernah minum wine, maka Anda akan paham kenapa kopi ini disebut-sebut sebagai Merlot-nya kopi. Rasanya manis namun umumnya ringan saat diminum. Secangkir kopi Arabika bisa digambarkan kaya akan karakter dan cita rasa. Ini sebabnya, jika Anda membeli kopi Arabika di kedai kopi, Anda dapat melihat tasting notes pada kemasannya.

Kopi arabika juga memiliki kadar kafein dua kali lebih rendah daripada Robusta. Kadar gula pada kopi Arabika dua kali lebih tinggi dibandingkan kopi Robusta. Tingkat acidity kopi arabika lebih tinggi dibandingkan dengan robusta.

Kopi Arabika memiliki range harganya lebih mahal dibandingkan kopi Robusta, dikarenakan lebih sulit merawat tanaman kopi ini hingga waktu panen. Biji kopi Arabika bentuknya oval dan ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan biji kopi Robusta.

  • Kopi Robusta

Umumnya, Robusta sering digambarkan sebagai kopi yang pahit atau tajam dengan karakter rasa seperti kayu dan karet. Pahit atau bitter ini berasal dari kandungan kafein yang lebih tinggi pada Robusta jika dibandingkan dengan Arabika. Jika Anda hanya sekedar mencari kafein Robusta adalah pilihan terbaik!

Kopi robusta memiliki kadar kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi arabika, dan kadar gula pada kopi robusta pun jauh lebih rendah dibandingkan kopi arabika. Kopi Robusta memiliki acidity lebih rendah dibandingkan dengan kopi arabika.

Kopi robusta memiliki harga lebih murah dibandingkan kopi Arabika, dikarenakan merawat tanaman kopi ini cukup mudah. Biji kopi robusta bentuknya bulat dan ukurannya lebih kecil dibandingkan biji kopi arabika. Walaupun seringkali dikaitkan dengan kopi bubuk instan, kopi robusta juga dapat dinikmati seperti layaknya menyeduh kopi arabika menggunakan metode seduh tertentu. Jangan salah, Robusta juga ada tingkatan atau grade-nya lho! Beberapa jenis Robusta berkualitas tinggi dijual dengan harga lebih tinggi karena menghasilkan rasa yang kental (deep flavour) dan krema yang bagus untuk membuat espresso.

Jadi, kopi mana yang paling enak? Pada akhirnya, minum atau menyeduh kopi akan kembali ke selera pribadi. Jika sebelumnya Anda lebih menyukai kopi Arabika, tidak ada salahnya untuk mencoba kopi Robusta sebagai perbandingan dan menghilangkan rasa penasaran.

Jangan lupa isi kembali stok persediaan kopi-kopi Anda di rumah dengan membelinya di Coffeeland Indonesia.

Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti Arabika Malabar SpecialtyArabika Mandheling Specialty, Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Toraja Specialty, dan Arabika Bali Kintamani Specialty. Tersedia dalam kemasan 120 gr, 250 gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App atau melaui E-commerce kami.

 

 

  

 

 

Source: cantik.tempo.co