TINGKATAN GRIND SIZE PADA METODE SEDUHAN KOPI

Source by amazon.com

Grind Size atau ukuran gilingan kopi adalah salah satu faktor penting dalam proses seduh kopi, dimana seorang barista harus bisa menentukan bagaimana ukuran gilingan tersebut bisa pas dan sesuai dengan metode seduh yang akan dilakukan demi mendapatkan cita rasa seduhan kopi seperti yang diharapkan. Untuk menentukan ukuran gilingan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti “contact time,

extraction rate dan flow rate”.

Contact time adalah berapa lama bubuk kopi dan air bertemu dalam proses seduhannya, extraction rate adalah seberapa tinggi tingkat ekstraksi berdasarkan seberapa luas permukaan kopi pada metode seduh, dan flow rate adalah tingkat waktu mengurainya air dan kopi saat proses penyeduhan.

-Tingkat ekstraksi kopi meningkat dengan semakin luasnya permukaan kopi
-Untuk permukaan yang luas, giling kopi lebih halus
-Semakin tinggi tingkat ekstraksi, semakin sedikit waktu air dan kopi bertemu
-Biji kopi yang digiling halus mengurai aliran air, meningkatkan lama waktu air dan kopi bertemu

Untuk tingkatan kekasaran hingga kehalusan gilingan biji kopi, berikut adalah daftar tingkatan grind size kopi:

Extra Coarse Grind

Pada ukuran ini, cocok untuk metode cold brewing, misal menggunakan alat Filtron atau Toddy Brewer

Coarse Grind

Tingkatan gilingan kopi ini berukuran seperti garam kasar dapur. Sering digunakan pada French Press dan Vietnam Drip.

Medium Grind
Medium Grind sesuai untuk menyajikan kopi dengan metode seduhan; Flat bottomed drip brewers, Cone shaped pour over brewers, The Aeropress dan Siphon brewers

Medium-Fine Grind
Untuk penikmat kopi seduhan pour over jenis ini sangat sesuai digunakan untuk metode seduhan Pour Over, Vacuum, Moka Pot dan Siphon.

Fine Grind
Untuk Fine Grind bisanya digunakan pada mesin espresso biasanya biji kopi yang digiling jenis ini sesuai untuk jenis penyajian kopi tubruk

Extra Fine/ Turkish Fine

Extra Fine adalah jenis gilingan kopi yang paling halus, tingkatan gilingan kopi ini digunakan untuk metode seduhan Ibrik (Turkish Coffee).

Terkait kopi, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Setiap pembeiian Kopi Single Origin Specialty 250gr, akan mendapatkan promo disc 20% tanpa minimum pembelian. Tunggu apalagi, segera cek dan dapatkan promonya!!

Untuk informasi pemesanan dan pembelian dapat melalui Tim Marketing kami via Whatsapp.

  

Source: dongengkopi.blogspot.com

Leave a Reply

WhatsApp chat