MANFAAT GULA AREN UNTUK KESEHATAN

Gula aren yang memiliki rasa manis dan enak sehingga menjadi bahan yang tidak bisa digantikan dari daftar bahan pelengkap minuman dan makanan. Diantara kegunaannya adalah untuk pemanis pada kopi, puding, kolak, kue-kue basah campuran minuman tradisional dan masih banyak lagi.

Namun tahukan anda, gula aren yang selama ini dianggap sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman ternyata memiliki banyak khasiat? Selain memiliki indeks glikemik yang rendah dan sangat aman bagi tubuh, gula aren juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Nutrisi yang terkandung dalam gula aren diantaranya adalah zinc, zat besi, serat inulin, dan magnesium. Dan nutrisi terbesar yang terkandung dalam gula aren adalah kalium. Gula aren juga memiliki kadar kalori dan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir.

Berikut adalah beberapa manfaat gula aren untuk kesehatan:

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Gula aren juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi gula aren (dengan kadar yang cukup), dapat meningkatkan antioksidan dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Menjaga Kadar Gula Darah

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, gula aren memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tetap stabil. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk dapat memastikan bahwa gula aren mampu mencegah diabetes.

 

 

Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah kondisi yang berbahaya dan sering sekali tidak memberikan gejala bagi penderitanya. Bagi seorang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi tentunya harus menjalani pola hidup sehat, mengurangi asupan garam, serta harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi seimbang.

Kandungan kalium dalam gula aren dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah, namun penggunaanya-pun tentunya tidak boleh berlebihan.

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada gula aren dapat mencegah anemia dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Menjaga Keseimbangan Kadar Kolesterol

Gula aren mengandung niacin yang dapat berguna untuk menjaga kolesterol dalam tubuh. Selain itu, niacin juga berguna untuk menghaluskan kulit, membantu sistem syaraf dan pencernaan, serta menjaga bibir pecah-pecah dan sariawan.

Menjaga Berat Badan Ideal

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, sebaiknya anda mulai menggati konsumsi gula pasir menjadi gula aren. Gula aren memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir, sehingga baik untuk program diet anda.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat gula aren bagi tubuh. Anda dapat mengganti asupan gula dengan gula aren, untuk mendapatkan beragam manfaat di atas. Namun jika anda penderita diabetes dan sulit mengendalikan gula darah, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi gula aren.

Untuk pembelian Gula Aren dapat dipesan di Coffeland indonesia. Selain menyediakan Gula Aren, kami juga menyediakan powder minuman lainnya, seperti Lemon Tea powder, Teh Tarik, Chocolate Special Blend, Frappe, Jahe Wangi, dan Black powder. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian, silahkan hubungi Tim Marketing via Whatsapp >> klik >>

  

Source: alodokter.com

 

 

Leave a Reply

WhatsApp chat