Ada banyak sekali manfaat dari menyeduh kopi sendiri di rumah, selain dapat menghemat pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan ngopi, menyeduh kopi sendiri membuat seseorang menjadi lebih fokus. Bahkan, tidak sedikit yang mahir berawal dari dapur seduh kopi mereka di rumah, dan menjadi home barista yang memenangkan kompetisi brewing di banyak tempat. Tiap orang punya cerita seduhnya sendiri, ada yang awalnya magang di coffee shop untuk belajar kopi, ada juga yang langsung membeli alat seduh dan belajar kopi dari ragam referensi. Jika anda ingin mulai dari dapur seduh di rumah, tentunya harus membeli alat kopi terlebih dahulu, dan kali ini kami akan memberikan sedikit tips sebelum anda membeli alat home brewer.

Tentukan Alat Yang Diperlukan

Source

Sebelum menentukan alat seduh yang akan anda beli, tentunya lebih baik melengkapi alat seduh seperti grinder, kettle, dan perlengkapan permulaan lainnya yang dianggap perlu, semisal scale, termometer, dll. Kemudian ketika perlengkapan awal sudah dilengkapi, minimal manual grinder maka selanjutnya mudah untuk upgrade alat kopi lainnya.

Bagi seseorang yang fanatik dengan sajian dripper, mungkin anda akan membuat daftar pembelian pour over coffee seperti Chemex, Hario V60, Kalita Wave, Bonavita Drip, Kinto dan banyak lagi. Jika anda suka seduh manual tapi yang lebih praktis ada pilihan seperti french press dan Aeropress. Atau Vietnam Drip jika suka yang lebih tradisional dan dicampur susu. Jadi sebelum membeli pikirkan dulu mana yang kira-kira akan terpakai dengan rutinitas ngopi anda.

Budget

Faktor budget memang sangatlah penting dalam memutuskan alat kopi apa yang akan dibeli. Untuk pemula yang ingin membeli alat kopi untuk pertama kali rasanya tidak usah membeli alat kopi dengan harga tinggi. Cukup pilih yang ekonomis tapi berkualitas baik dan bisa menunjang kebutuhan. Misalnya anda ingin membeli Hario V60, pilihlah yang bermaterial plastik atau kaca.

Frekwensi Menyeduh Kopi Dirumah

Jika anda termasuk orang yang setiap hari ngopi di rumah,  mungkin anda bisa berinvestasi dengan alat kopi yang lebih bagus dengan harga yang sedikit lebih mahal agar awet. Berinvestasi lebih dikarenakan frekuensi penggunaannya alatnya sering. Karena alat home brewer kurang baik jika tidak terpakai dalam jangka waktu lama.

Pengeluaran Jangka Panjang

Source

Alat-alat kopi memiliki pengeluaran tambahan yang beragam. Misalnya anda ingin membeli alat seduh manual seperti filter coffee atau Aeropress, kedua alat ini membutuhkan paper filter yang tentunya akan menambah cost dalam ritual seduh. Cara menghematnya adalah dengan berinvestasi metal filter tapi tentu hasil seduhannya berbeda. Jika tak ingin mengeluarkan biaya tambahan lain (selain membeli kopi) sebaiknya mempertimbangkannya dulu sebelum salah memilih.

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Kami juga menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2

Leave a Reply