TIPS MENIKMATI KOPI ALA CAFE SAAT SOCIAL DISTANCING

Tapi tenang saja, anda masih bisa menikmati kopi ala café dirumahmu sendiri. Berikut 5 tips selengkapnya:

Kebiasaan menikmati secangkir kopi di kedai kopi langganan kerap dilakukan banyak orang. Ada yang selalu mampir di kedai kopi sebelum berangkat kerja, nongkrong bersama teman, atau hanya sekadar duduk minum kopi sambil membaca buku kesukaan.

Namun, di tengah kondisi pandemi virus corona yang marak seperti saat ini, penting bagi kita untuk mengurangi interaksi sosial dengan menjaga jarak sosial atau social distancing. Sesuai imbauan pemerintah, segala aktivitas bisa dilakukan di rumah saja termasuk ngopi.Tapi tenang saja, anda masih bisa menikmati kopi ala café dirumahmu sendiri. Berikut 5 tips selengkapnya:

Mulai berinvestasi alat seduh kopi

Alat yang digunakan untuk menyeduh kopi sangat mempengaruhi kualitas dari rasa kopi. Kualitas cita rasa kopi tidak hanya bergantung pada kualitas biji kopi itu sendiri, akan tetapi proses menyeduh kopi juga mempengaruhi akan cita rasa kopi. Nah, maka dari itu, mulailah anda berinvestasi peralatan seduh kopi manual.

Seduh kopi dengan air suhu 88-96 derajat

Air panas yang anda gunakan juga akan menentukan rasa dan kualitas kopi yang anda buat. Jika anda suka kopi dengan rasa pahit, anda bisa menyeduh kopi dengan air panas yang baru mendidih. Tapi jika ingin rasa kopi yang lebih smooth ala kafe disarankan menyeduh kopi dengan air bersuhu 88-96 derajat.

1 gram kopi : 15 ml air

Suka bingung kenapa kopi terasa terlalu encer atau malah kekentalan? Kami sarankan anda menyeduh kopi dengan perbandingan 1 gram kopi dengan 15 ml air panas. Untuk mendapatkan kekentalan yang pas perbandingan kopi dan air ini yang paling disarankan.

Giling biji kopi sebelum menyeduh kopi

Seperti yang sudah anda ketahui kopi yang enak adalah kopi yang disajikan fresh. Jadi lebih baik kamu membeli biji kopi daripada bubuk kopi. Gilinglah dulu biji kopi ketika ingin membuat kopi, rasa dari kopi yang baru digiling akan berbeda tingkat kesegarannya. Selain investasi di alat seduh, anda juga sebaiknya berinvestasi membeli mesin giling kopi.

Simpan biji kopi dengan benar

Rasa kopi bisa berangsur-angsur berubah karena cuaca, udara, dan suhu. Banyak pemula yang masih bingung cara menyimpan kopi yang benar, kadang bahkan ada yang memilih menaruhnya di kulkas. Hal ini adalah kesalahan besar, kenapa? karena sebaiknya kopi disimpan di tempat yang kering. Taruhlah kopi di toples berwarna gelap dan letakkan di tempat yang kering. Cara ini bisa membantu menjaga kualitas dan rasa kopi.

Mudahkan membuat kopi di rumah ala kafe ini? Lima tips sederhana ini dapat anda praktekkan sendiri sirumah. Selamat mencoba!

Terkait kopi dan peralatan manual brewing, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera MandhelingArabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espressogrinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App.

  

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Leave a Reply

WhatsApp chat