MENGURANGI RASA PAHIT PADA KOPI

Minuman kopi identik dengan warna hitam serta rasa yang pahit, jika tidak pahit rasanya seperti ada yang kurang. Rasa pahit pada kopi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti jenis biji kopi, proses pengolahan dan lainnya. Bagi Anda yang menyukai kopi dengan tingkat kepahitan yang sedang, berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi rasa pahit pada sajian minuman kopi.

Gunakan Grind Size Kopi yang Tepat

Gunakanlah grindsize yang tepat seuai dengan metode seduh yang akan digunakan. Jangan menggunakan bubuk kopi yang digiling terlalu halus karena akan menyebabkan kopi semakin pahit. Sedangkan bubuk kopi yang terlalu kasar, akan menghasilkan  rasa kopi yang terlalu asam.

Pilih Kopi Dengan Teknik Sangrai Light Roast

Rasa pahit pada biji kopi berawal ketika biji kopi melewati proses penyangraian atau roasting. Tahap roasting ini juga memiliki tingkat, untuk biji kopi dengan rasa yang tidak terlalu pahit, cukup pilih biji kopi dengan level light atau at least light to medium.

Pilih Air Seduh yang Tidak Terlalu Panas

Cara lainnya untuk mengurangi rasa pahit pada minuman kopi adalah dengan menggunakan air seduh yang tidak terlalu panas. Umumnya, banyak orang yang menyeduh kopi dengan air panas yang baru mendidih atau sekitar 100OC. Hal ini membuat minuman kopi terasa lebih pahit. Temperatur ideal untuk seduhan kopi adalah 90 – 96OC

Jangan Diamkan Kopi Terlalu Lama

Terkadang, saking asiknya ngobrol, minuman kopi yang baru saja disajikan jadi lupa dinikmati sesegera mungkin. Semakin lama minuman kopi didiamkan, maka akan terjadi ekstraksi alami sehingga membuat rasanya menjadi semakin pahit. Jadi, jika tidak ingin minuman kopi terasa kian pahit, segera nikmati sesaat minuman kopi disajikan.

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Coffeeland Indonesia menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120 gr, 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

Source: kopipremium.id