PERLUKAH MEMBERSIHKAN & MERAWAT MESIN GRINDER?

Aspek penting untuk selalu menjaga kebersihan grinder seringkali dianggap remeh dan mengakibatkan bertumpuknya kotoran sisa kopi pada alat penting ini Grinder yang selalu dibersihkan secara teratur akan menghilangkan sisa kopi terdahulu yang sudah tidak segar dan memperpanjang masa pakai burr atau mata pisaunya

Bagi para pecinta kopi pastinya ingin menikmati sajian kopi nikmat buatan sendiri setiap harinya. Untuk mendapatkan suasana minum kopi yang nikmat tentu hal pertama harus memiliki grinder sendiri di rumah. Untuk memilih mesin grinder kopi yang sesuai, pastikan sesuai dengan kebutuhan sajian kopi harian anda.

Namun, memiliki mesin grinder tidak juga selamanya mendapatkan hasil sajian seperti yang diinginkan. Aspek penting untuk selalu menjaga kebersihan grinder seringkali dianggap remeh dan mengakibatkan bertumpuknya kotoran sisa kopi pada alat penting ini. Grinder yang selalu dibersihkan secara teratur akan menghilangkan sisa kopi terdahulu yang sudah tidak segar dan memperpanjang masa pakai burr atau mata pisaunya. Bayangkan jika mesin grinder kopi yang selalu digunakan jarang dibersihkan, tentu akan berakibat buruk terhadap sajian kopi. Maka harus diperhatikan penggunaan mesin grinder secara berkala. Mesin grinder yang tidak bersih bisa mengakibatkan beberapa hal antara lain.

  • Sajian Kopi Berbeda
    Terkadang bubuk kopi yang keluar dari mesin penggiling masih ada tertinggal sedikit di mata bur atau pun saluran internal lainnya pada mesin grinder. Pada mesin penggiling manual umumnya masih tersisa sedikit bubuk kopi pada mata bur, pada mesin penggiilng elektrik selain pada mata bur juga sering masih tertinggal di saluran keluarnya bubuk kopi. Maka ada baiknya dilakukan bersih-bersih mesin penggiling secara berkala, khususnya untuk mesin penggiling yang sering digunakan.
  • Kerusakan Komponen Mesin Grinder
    Pada kasus yang lebih serius lagi, bubuk kopi juga dapat menyebabkan kerusakan komponen pada jangka waktu yang lama. Hal ini disebabkan dari sifat bubuk kopi yang menempel pada komponen mesin penggiling. Jadi jangan heran jika ada komponen yang berkarat mungkin karena kelembapan, atau pun retakan pada komponen. Setelah membersihkan mesin penggiling, harus dipastikan juga tiap komponen yang akan dipasang kembali bersih dan kering.
  • Kerusakan Motor Mesin Grinder
    Jangan salah sangka jika ruang grinder yang kotor tidak bisa menyebabkan kerusakan pada motor penggiling. Bubuk kopi yang masih tersemat di bagian dalam mesin grinder mengundang serangga rumahan untuk mendekat. Tidak ada yang tahu aktivitas serangga setelah masuk ke dalam mesin grinder. Bisa saja mungkin membuat sarang dan sebabkan kerusakan pada motor mesin grinder.

Membersihkan grinder itu mudah dan bisa dikerjakan dalam waktu yang tidak lama, sebuah kegiatan yang wajib dilakukan bagi siapa saja terutama pada kegiatan komersial dengan intensitas penggunaan yang tinggi seperti di cafe. Pernahkan anda memiliki pengalaman buruk ketika membersihkan mesin grinder kopi? yuk share pengalamanmu disini!

Setelah anda tahu mengenai perawatan mesin grinder, maka tinggal saatnya anda memilih Grinder seperti apa yang akan di gunakan. Anda tidak usah bingung untuk mendapatkan Grinder kopi, karena Coffeeland Indonesia menyediakan mesin espressogrinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian grinder dan mesin kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

 

 

  

Source: cikopi.com

Leave a Reply

WhatsApp chat