TAMBAHKAN GARAM PADA KOPI ANDA, DAN RASAKAN MANFAATNYA

Source

 

Bagi anda yang suka meracik masakan di dapur, tentu sudah tidak asing dengan garam. Sebagai bumbu dapur, garam kerap ditambahkan untuk memberi cita rasa gurih pada makanan. Tanpa adanya garam, cita rasa makanan dirasa kurang sedap dan hambar, sehingga membuat kita tak berselera menyantapnya.

Garam sejatinya diperlukan tubuh untuk menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Meski garam bisa membawa efek negatif jika dikonsumsi terlalu banyak, nyatanya tubuh manusia juga membutuhkan garam.

Sayur tanpa garam saja rasanya tidak enak, bagaimana dengan secangkir kopi yang ditambahkan dengan garam? 

Manfaat kopi campur garam ternyata mempunyai beberapa kandungan zat-zat gizi yang baik untuk tubuh, bahkan terkenal menjadi salah satu obat yang mujarab untuk kanker. Apakah benar demikian? Ekstrak biji kopi inilah yang diolah menjadi bubuk kopi yang sering Anda nikmati.

Pada umumnya kopi dijadikan teman ketika mengawali pekerjaan dipagi hari. Hidangan berwarna hitam pekat ini menyuguhkan aroma yang unik, sehingga banyak orang yang menjadikannya minuman favorit. Di Indonesia sendiri terdapat di daerah-daerah tertentu, meminum kopi dijadikan sebuah tradisi yang unik.

Penting untuk diketahui, kebiasaan meminum kopi sambil makan bisa berakibat baik bagi kesehatan. Bermacam manfaat kopi campur garam untuk tubuh adalah sebagai berikut.

Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.

Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.

Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.

Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.

 

Manfaat Kopi Campur Garam Untuk Kesehatan

Banyak sekali masyarakat yang mengagumi kenikmatan secangkir kopi, namun dibalik nikmatnya terdapat bermacam-macam manfaat. Berikut ini beberapa manfaat dari kopi di antaranya adalah:

1. Penambah Stamina

Kopi mempunyai kandungan zat kafein yang besar. Adenosin dalam tubuh berperan sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein di dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan membuat pergerakannya lebih lambat. Sehingga menciptakan perasaan segar menjadi lebih lama.

2. Mencegah Kanker

Antioksidan pada kopi mampu melawan resiko gejala kanker didalam tubuh. Penelitian di Jepang terhadap beberapa wanita yang mengonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terken
a kanker usus besar berkurang kurang lebih 25%.

3. Kopi Menjaga Kesehatan Mulut

Kopi memiliki sifat anti bakterial yang baik untuk kebersihan mulut. Hal tersebut dapat mempercepat penyembuhan gigi yang berlubang, plak serta infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

4. Menurunkan Resiko Diabetes

Penghambatan penyerapan gula dapat diproses dengan mengonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat membantu kinerja hal tersebut pada pertumbuhan pembentukan insulin. Para Dokter sudah menyatakan bahwa penyakit diabetes yang terjangkit pada seseorang, dapat dikurangi sebesar 50% berkat manfaat kopi campur garam.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menyerang orang yang sudah memiliki usia 65 tahun ke atas. Kopi juga sudah terbukti bisa meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang terhubung langsung dengan degradasi fungsi saraf.

6. Mencegah Parkinson

Selain alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit terkenal yang penyebabnya berasal dari degradasi fungsi saraf didalam tubuh manusia. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

7. Menambah Semangat

Banyak sekali orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan fresh saat meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu hidangan yang bisa menambah mood seseorang, tidak hanya itu ia juga bisa memberikan efek korelasi pada kebahagiaan.

 

Source: 1, 2.

Leave a Reply