3 MANFAAT KOPI UNTUK KESEHATAN JANTUNG

 

 

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari oleh Banyak orang. Bagi sebagian orang, kopi adalah minuman yang dikonsumsi setiap hari sebelum beraktivitas karena kopi  mengandung kafein yang dapat merangsang sistem saraf pusat dengan cara meningkatkan energi, metabolisme, stamina, kewaspadaan, dan meningkatkan suasana hati.

Di sisi lain, kopi kaya akan ratusan senyawa bioaktif yang bermanfaat, termasuk antioksidan. Sebagian besar peneliti percaya bahwa kafein pada kopi sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Berikut ini terdapat tiga manfaat minum kopi bagi kesehatan jantung

Mengurangi risiko gagal jantung

Sebuah studi baru dalam jurnal American Heart Association Circulation melaporkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko gagal jantung. Orang yang lebih banyak minum kopi memiliki risiko gagal jantung paling kecil. Faktanya, data dari Framingham Heart Study menemukan penurunan 5 persen sampai 12 persen risiko gagal jantung peserta yang minum per cangkir kopi, dibandingkan dengan yang tidak minum kopi. Efek yang sama tidak ditemukan di antara mereka yang melaporkan minum kopi tanpa kafein, yang mengarahkan peneliti untuk menyimpulkan bahwa kafein bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Antioksidan melawan radikal bebas yang baik bagi jantung

Sebagai minuman nabati alami, kopi kaya akan antioksidan yang bermanfaat. Salah satu antioksidan utama dalam kopi adalah polifenol. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa polifenol bertindak sebagai antioksidan untuk membantu meredam peradangan sistemik dan menetralisir radikal bebas untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Polifenol juga menawarkan perlindungan yang lebih dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah, meningkatkan kolesterol baik, meningkatkan ketersediaan oksida nitrat ke pembuluh darah, menurunkan kolesterol jahat, dan mengurangi peradangan.

Mengurangi risiko penyakit vascular

Tinjauan sistematis lain dari 53 studi yang dilaporkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa orang-orang yang minum sekitar tiga cangkir kopi per hari mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular lebih dari 10 persen. Sementara, hal tersebut tidak terjadi pada orang-orang yang hanya minum satu sampai dua cangkir kopi per hari saja atau tidak minum sama sekali.

Namun perlu diingat, manfaat dari kopi bisa Anda dapatkan secara maksimal jika Anda mengkonsumsinya secara benar dan tidak berlebihan.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat seduhan kopi dirumah, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120 gr, 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

 

Source: lifestyle.kompas.com