ENEMA KOPI: DARI MANFAAT HINGGA BAHAYANYA

Bagi sebagian orang, secangkir kopi telah menjadi pelengkap rutinitas paginya setiap hari. Beberapa di antaranya, bahkan mengandalkan secangkir kopi setiap pagi agar mereka dapat menguras isi perutnya terlebih dahulu sebelum pergi melakukan aktivitas. Ya, kopi juga bisa digunakan sebagai obat pencahar, sampai-sampai muncul sebuah terapi yang disebut dengan enema kopi, yang ditujukan untuk mencuci bersih semua isi perut Anda dari sisa-sisa makanan. Apa sih enema kopi itu? Apakah berbahaya? Atau justru memiliki manfaat bagi tubuh?

Enema kopi merupakan salah satu bahagian dari “pengobatan alternative” yang ditemukan oleh Dr. Gerson dan sering disebut sebagai “Gerson Theraphy. Enema kopi adalah teknik pengobatan alternatif yang memiliki tujuan untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di dalam usus. Dalam hal ini, teknik enema kopi dipercaya dapat membantu Anda yang sedang mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Terlebih lagi, beberapa orang percaya enema kopi tak hanya sekedar obat pencahar saja, tetapi dapat mengeluarkan racun, merangsang aliran empedu, serta meningkatkan produksi enzim tubuh yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel.

Selain itu, manfaat lain yang Anda bisa dapatkan dengan melakukan teknik ini yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan bakteri dan kuman penyakit yang ada di dalam sistem pencernaan, hingga membantu membunuh sel kanker.

Melihat berbagai macam khasiatnya, tidak heran jika enema kopi masih diburu oleh banyak orang sebagai salah satu alternatif terapi kesehatan. Sayangnya, terapi ini masih kurang dikenal, dan seringkali sudah terlanjur banyak dikritik. Padahal, dengan pengaplikasian yang benar, terapi ini memberi banyak manfaat kesehatan.

 

Cara Melakukan Enema Kopi

Banyak orang berpikir hanya dengan membeli alatnya mereka sudah dapat melakukan enema kopi. Akan tetapi, terapi ini tetap sesuatu yang harus dilakukan hanya oleh ahlinya. Selain agar bisa diterapkan dengan tepat, proses enema yang tidak higienis dan tepat dapat memicu resiko seperti infeksi bakteri di dalam organ pencernaan. Karena itu, sebelum mencoba terapi ini, pastikan menemukan orang yang memang ahlinya.

Ada beberapa peneliti medis yang menyatakan jika melakukan enema kopi dengan teknik yang salah ini bisa membahayakan kesehatan anda. Ada beberapa risiko yang bisa anda alami jika melakukan enema kopi dengan teknik yang kurang tepat:

  • Usus dan organ pencernaan panas
  • Mual dan muntah
  • Kram serta nyeri perut
  • Merasa kembung
  • Dehidrasi
  • Mengalami infeksi pada organ pencernaan

Lalu bagaimana cara yang aman untuk membuang racun didalam tubuh? Tenang, dalam keadaan yang normal dan sehat tubuh tidak akan mengalami keracunan. Tubuh anda telah dirancang untuk melakukan pengeluaran serta pembuangan racun, zat sisa, serta sampah yang dapat mengganggu fungsi tubuh. Hal ini dilakukan oleh organ hati dan ginjal, karena itu mulai sekarang sayangi ginjal dan hati anda.

Apabila anda memang mengalami sembelit atau sulit BAB, cobalah untuk mengubah pola hidup anda terlebih dahulu, seperti perbanyak makan makanan berserat tinggi (sayur, buah) atau minum air mineral yang cukup, sebelum menggunakan obat-obatan pencahar, sebab kondisi ini dapat terjadi akibat pemilihan makanan serta kebiasaan yang tidak sehat.

Source: 1, 2.

Leave a Reply