PROSES MENYUSUN MANPOWER PLANNING BISNIS COFFE SHOP

Manpower Planning atau perencanaan tenaga kerja merupakan suatu proses untuk menentukan kebutuhan akan tenaga kerja. Dalam membangun bisnis coffee shop yang terpenting adalah menentukan bagaimana cara menyusun perencanaan tenaga kerja. Ada banyak sekali tahapan yang harus Anda. Dengan begitu maka perencanaan akan lebih matang sehingga perkembangan perusahaan juga menjadi lebih lancar. Terdapat beberapa tahapan dalam menyusun manpower planning untuk coffee shop. Berikut tahapannya!

  1. Tujuan perencanaan sumber daya manusia

Perencanaan sumber daya manusia harus cocok untuk seluruh organization plans. Perencanaan ini harus terfokus untuk mengisi lowongan kerja yang dibutuhkan nanti daripada memaksakan karyawan yang sudah ada dengan posisi yang tersedia.

  1. Ketersediaan sumber daya saat ini

Ketersediaan sumber daya yang ada saat ini harus terus dipertahankan oleh manajemen coffee shop. Data sumberdaya harus meliputi biodata dari setiap individu yang ada. Data ini tidak hanya membantu dalam pengembangan karyawan tetapi untuk mencari kelebihan/kekurangan dari sumberdaya yang ada.

  1. Menentukan jumlah kebutuhan

Atasan harus memeriksa permintaan dan kebutuhan dari sumber daya manusia sebelum melakukan rekruitmen.

  1. Program kerja

Tahap ini diperlukan untuk mempersiapkan program rekruitmen seleksi, mutasi dan promosi karyawan.

  1. Pelatihan dan pengembangan

Sangat diperlukan bagi karyawan untuk menjaga mereka agar tetap meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk menunjang setiap pekerjaan yang sedang mereka jalani.

  1. Koordinasi pekerjaan

Setiap pekerja haruslah diberikan kesempatan untuk menanyakan hal apa saja yang belum diketahui. Selain itu ada baiknya jika seorang pimpinan mengkoordinasikan setiap pekerjaan yang ada agar semua pekerjanya berjalan dengan lancar.

  1. Evaluasi karwayan

Setelah melakukan semua tahapan sebelumnya, buatlah pakem atau aturan yang berlaku untuk setiap penilaian kepada karyawannya. Dengan dinilai dengan baik maka akan lebih mudah untuk mengetahui karyawan yang potensial. Dan juga untuk memenuhi evaluasi efektivitas perencanaan sumber daya manusia yang sudah dijalankan.

Untuk mengelola karyawan pun tidak mudah. Sebagai pemilik bisnis coffee shop Anda harus bisa mengembangkan karyawan dan membuat strategi yang tepat untuk mempertahankan karyawan. Anda juga harus dapat mengelola administrasi mereka seperti penggajian, absensi, cuti, dan sebagainya. Dengan bantuan Talenta, Anda bisa mengembangkan karyawan lebih mudah tanpa harus memikirkan administrasi karyawan dan perusahaan.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis coffe shop, Anda bisa bergabung menjadi mitra di Coffeland Indonesia. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5 juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source : 1

Leave a Reply