TENTANG BARISTA | MENGENAL TUGAS DAN KUALIFIKASI MENJADI SEORANG BARISTA

Barista adalah sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat, menyiapkan dan menyajikan kopi berbasis espresso. Kata Barista berasal dari bahasa Italia yang berarti Bartender, yaitu seseorang yang menyiapkan segala macam minuman. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman dan masuknya tren kopi, kata bartender kemudian diubah menjadi barista yang sekarang

kita kenal. Sekarang ini bekerja menjadi seorang barista banyak diminati oleh orang-orang yang sangat suka dengan kopi, industry kuliner atau anak muda yang sedang mencari pekerjaan sampingan. Tertarik bekerja sebagai barista? berikut kami bahas mengenai tugas dan kualifikasi menjadi seorang barista.

Tugas Seorang Barista

Pekerjaan seorang barista tidak hanya menyajikan seduhan kopi berbasis espresso, namun pekerjaan barista lebih dari itu. Berikut beberapa tugas utama seorang barista:

  • Melayani pelanggan dan menerima pesanan.
  • Menyeduh dan menuangkan kopi untuk pelanggan.
  • Menggiling biji kopi segar untuk diseduh menjadi secangkir kopi.
  • Menyiapkan berbagai jenis minuman, seperti teh, latte, cold brew, dan masih banyak lagi.
  • Melayani pesanan lewat drive thru, jika ada. Ini tergantung pada tempat di mana barista kerja.
  • Menangani keluar masuknya uang di coffee shop.
  • Mempersiapkan dan menyajikan makanan untuk pelanggan.
  • Melakukan tugas kebersihan, seperti membersihkan peralatan untuk membuat kopi, mencuci peralatan makan dan minum, membersihkan area makan, dan membersihkan kamar mandi.

Cara Menjadi Seorang Barista

Menjadi barista merupakan pekerjaan yang dicari-cari oleh para mahasiswa atau oleh orang-orang yang ingin berkecimpung di dalam dunia kuliner karena banyak coffee shop atau cafe yang mencari barista tanpa pengalaman kerja. Meskipun pengalaman kerja tidak diutamakan saat Anda tertarik untuk menjadi barista, tapi tidak ada salahnya untuk menimba pengalaman yang berkaitan dengan kopi.

Banyak pemilik coffee shop atau restoran yang lebih memilih kandidat dengan karakter yang bagus, daripada mementingkan kemampuan teknis kandidat. Berikut ini beberapa karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang barista:

  • Keterampilan Berkomunikasi dengan Orang

Industri kuliner (baik itu restoran atau coffee shop) adalah industri yang serba cepat. Coffee Shop membutuhkan orang yang bisa membuat pelanggan tersenyum di tengah padatnya jam kerja mereka.

  • Semangat untuk Belajar

Orang yang memiliki kemauan untuk belajar sangat dicari karena para pemilik coffee shop bersedia mengajari para calon barista mereka.

  • Kemampuan untuk Beradaptasi di Lingkungan Kerja yang Serba Cepat

Suasana di coffee shop bisa menjadi sangat sibuk dan seorang barista profesional harus mampu menangani stres dan bisa membuat berbagai macam pesanan minuman sekaligus.

  • Memiliki Mindset yang Fokus pada Detail

Proses menyeduh kopi membutuhkan banyak langkah agar barista dapat menonjolkan cita rasanya. Seorang barista profesional harus mampu memperhatikan setiap aspek untuk memastikan kualitas rasa dan konsistensinya.

  • Mampu Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Membangun hubungan dengan pelanggan sangatlah penting untuk seorang barista. Hafalkan nama-nama pelanggan tetap dan juga minuman kesukaannya agar mereka merasa dihargai dan membuat mereka mau kembali lagi ke restoran atau coffee shop Anda.

Di Coffeeland Indonesia, kami memberikan Training Hospitality dan Training Barista, khusus untuk anggota Mitra coffeeland. Dimana training tersubut adalah salah satu fasilitas kemitraan yang diberikan oleh Coffeeland Indonesia.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78,5 juta hingga 125,5 juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

  

Source: Nibble.id

 

Leave a Reply

WhatsApp chat