TIPS MEMBUAT KOPI SUSU LITERAN

Source: i.pinimg.com

Sudah beberapa tahun ini kopi susu menjadi favorit banyak orang. Pahitnya kopi yang di campur dengan rasa gurih dan creamy-nya susu dapat menyegarkan hari-hari Anda. Tak heran jika kopi susu ini dijadikan sebagai menu andalan café – café.

Semenjak adanya pandemi COVID-19 aktivitas masyarakat menjadi terbatas karena merebaknya virus Corona, es kopi susu yang biasanya kita nikmati di dalam café / coffee shop sekarang dapat Anda nikmati dirumah dalam bentuk kopi literan yang dikemas dalam botol.

Saat ini banyak yang menjadikan kopi susu sebagai peluang usaha. Kopi susu literan sudah menjadi komoditas yang menjanjikan untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi mereka yang mau tekun menggeluti bisnis tersebut. Pada kesempatan ini kami akan memberikan tips untuk membuat kopi susu literan.

Gunakan Kopi Segar Yang Berkualitas

Hal utama yang perlu diperhatikan tentunya adalah pemilihan biji kopi yang akan Anda gunakan sebagai bahan dasar pembuatan kopi literan. Untuk hasil sajian dengan cita rasa optimal, kami merekomendasikan menggunakan biji kopi yang segar dan berkualitas. Karena bubuk kopi yang sudah digiling terlalu lama umumnya sudah terkontaminasi oleh udara sekitar.

 

 

Lalu, karakter kopi seperti apa yang sesuai untuk sajian kopi susu? Anda dapat memilih jenis kopi dengan cita rasa yang kuat seperti Coffeeland House Blend, racikan khusus dari Coffeeland Indonesia yang memadukan antara kopi arabika dan robusta.

Pilih Jenis Susu Yang Tepat

Pemilihan jenis susu juga akan berpengaruh terhadap cita rasa kopi susu yang dihasilkan. Kopi susu yang dibuat dengan menggunakan susu UHT tentu rasanya akan berbeda dengan yang menggunakan susu kental manis. Namun demikian, cita rasa khas tiap susu memiliki penggemarnya masing-masing, dan menghasilkan sajian kopi susu yang beragam. Jadi, tentukanlah jenis susu yang digunakan untuk dapat menghasilkan cita rasa yang sesuai dengan selera Anda.

Pilih Cara Seduh Yang Sesuai

Tidak ada aturan / metode seduh khusus yang untuk membuat kopi susu yang nikmat. Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda memerlukan sajian espresso, tentunya Anda memerlukan alat espresso maker atau mesin espresso. Atau Anda juga bisa menggunakan cold brewer untuk sajian kopi susu dingin.

Pertimbangkan Rasio

Rasio seduhan kopi yang tepat tentunya dapat mengasilkan sajian kopi yang sempurna. Bukan hanya rasio antara kopi dan air saja yang harus di perhatikan, rasio antara kopi dan susu yang digunakan juga harus seimbang agar menghasilkan konsistensi kopi susu yang di inginkan. Jika rasio kopi dan susu dalam sajian 1 liter dalam persentase 85:15, maka Anda harus mempersiapkan rasio kopi dan air seduhan untuk penyajian 850ml. Dalam hal ini akan sangat memudahkan jika memiliki timbangan digital selama proses menentukan rasio.

Eksplorasi rasa / bahan-bahan lain juga sangat perlu dilakukan, agar Anda dapat menetahui bahan-bahan apa saja yang cocok ditambahkan kedalam kopi susu yang Anda buat. Bahan tambahan seperti gula aren, biskuit, boba, atau bahkan jelly tentunya dapat mengoptimalkan cita rasa dari sajian kopi susu.

Kopi susu merupakan sajian kopi yang disukai oleh banyak orang. Setelah membaca beberapa tips ini, apakah Anda tertarik ingin membuka usaha kopi susu literan?

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

      

 

 

 

 

Source: majalah.ottencoffee.co.id,

pic source: i.pinimg.com