TIPS MEMBUAT RACIKAN HOUSE BLEND

 

 

Saat megunjungi kedai kopi, pastinya Anda akan melihat toples besar berisi biji kopi yang akan dibuat menjadi espresso. Sebagai espresso base, biasanya kedai kopi menggunakan beberapa macam biji kopi yang di campur, dan dikenal sebagai coffee house blend.

Coffee house blend merupakan percampuran kopi dari beberapa daerah, atau juga bisa percampuran dari beberapa jenis kopi. Misalkan arabika dan robusta atau arabika dan arabika tetapi dari daerah yang berbeda.

Menu house blend  tidak akan dijumpai dimanapun kecuali hanya di kedai kopi tersebut, karena house blend dapat dikatakan sebagai salah satu menu signature dari sebuah kedai kopi.

Bagi pengusaha kedai kopi pastinya ingin memiliki menu signature yang mewakili / menggambarkan kedai kopi tersebut. Namun, sebelum membuat dan menentukan racikan coffee house blend, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya sebagai berikut:

Menentukan karakter kopi yang ingin dihasilkan

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat house blend adalah mentukan karakter kopi yang ingin dihasilkan seperti bagaimana citarasa kopi yang diracik, karakter kopi seperti apa yang ingin ditonjolkan melalui house blend yang akan dibuat. Jika sudah memutuskan karakter cita rasa yang diinginkan tahap selanjutnya adalah menentukan proporsi yang tepat antara acidity, sweetness dan body sesuai dengan yang dibutuhkan.

Mencari biji kopi / melihat ketersediaan biji kopi

Memastikan ketersediaan biji kopi yang karakternya sesuai dengan apa yang diinginkan adalah hal yang wajib dilakukan untuk dapat melakukan proses uji citarasa (cupping) agar kita tahu bagaimana karakter masing-masing biji kopi yang akan dicampurkan.

DIsarankan untuk tidak mencampurkan lebih dari 4 jenis kopi

Beberapa roaster dunia menyarankan agar house blend tidak dicampurkan dengan lebih dari 4 jenis kopi. Semakin banyak campurannya maka akan membuat karakter coffee blend itu semakin rumit, bahkan bisa mengurangi “tujuan” dari coffee blend yang ingin dicapai di awal.

Mesin dan peralatan harus memadai

Meski terlihat sepele, namun mesin kopi yang digunakan untuk menyangrai dan menyeduh juga berpengaruh. Sekadar pertimbangan, kopi yang sama jika disangrai dan diseduh pada mesin yang berbeda akan menghasilkan rasa yan bebeda. Pembuatan house blend biasanya menggunakan mesin-mesin komersil agar cita rasa yang di hasilkan dapat konsisten.

Bagi Ada yang ingin meracik house blend. Coffeeland Indonesia memiliki berbagai macam jenis kopi dari berbagai daerah di penjuru Indonesia seperti  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Selain itu kami juga memiliki produk House Blend racikan Coffeeland Indonesia. Tersedia dalam kemasan 120 gr, 250 gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

  

 

 

 

Source: majalah.ottencoffee.co.id