TIPS MENENTUKAN LOKASI USAHA COFFEE SHOP

Bisnis coffee shop merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan, dan saat ini sudah banyak dilirik oleh para pengusaha. Buktinya, saat ini banyak sekali coffee shop baru yang bermunculan, tidak hanya di kota-kota besar, saat ini coffee shop sudah mudah ditemui di daerah pelosok.

Sebelum memulai suatu bisnis apapun, tentunya anda harus mempertimbangkan banyak hal penting agar bisnis anda dapat berlanjut terus menerus. Salah satunya adalah pemilihan lokasi yang tepat, karena Lokasi merupakan salah satu penentu kesuksesan dalam perjalanan usaha. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih lokasi coffee shop, sebagai masukan bagi anda yang ingin membuka coffee shop.

  1. Menentukan lokasi berdasarkan target pasar

Ada baiknya anda melakukan survei terlebih dahulu untuk menemukan target pasar di sekitar lokasi anda. Siapa sasaran utama coffee shop anda, range pendapatannya, dan menu apa saja yang sekiranya akan mereka sukai, atau dapat mencari informasi target pasar anda dari segi gaya hidup target pasar anda. Strategi ini sangat penting untuk mempertimbangkan target pasar anda agar sesuai dengan lokasinya.

Contohnya, apabila target coffee shop anda adalah anak muda atau , pilihlah lokasi di dekat sekolah, universitas di pusat – pusat keramaian.

  1. Mimilih lokasi yang mudah terlihat

Untuk memperoleh lokasi usaha cafe yang strategis, setidaknya pastikan lokasi tersebut mudah dilihat dari segala sisi. Salah satu lokasi strategis seperti ini biasanya berada di pojok sudut perempatan dan lokasinya terbuka.

Atau anda dapat mengalihkan perhatian agar pengunjung mampir ke coffee shop anda, dengan cara membuat tulisan besar atau dengan desain yang sangat menarik di depan coffee shop anda agar coffee shop anda lebih mudah terlihat.

Buatlah konsumen merasa puas dengan pelayanan yang coffee shop anda berikan, bukan tidak mungkin lagi mereka akan datang kembali dan otomatis coffee shop anda akan semakin ramai.

  1. Memilih lokasi yang mudah di akses

Akses menuju lokasi coffee shop harus mudah dan dapat dilalui semua kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Oleh karena itu, lokasi bisnis cafe harus dekat dengan jalan raya.

Lokasi yang dekat dengan jalan raya akan membuat coffee shop anda lebih mudah untuk ditemukan dan dijangkau oleh banyak orang.

  1. Memperhatikan fasilitas bisnis usaha

Fasilitas dan infrastruktur bangunan sangat penting untuk di perhatikan. Tidak mungkin anda menempati tempat dengan kondisi air yang kotor jika bisnis anda dalam bidang kuliner. Pastikan juga tempat tersebut memiliki area parkir. Karena, parkir kendaraan di badan jalan membuat sebagian orang berpikir dua kali. Jadi, ada baiknya anda menyiapkan tempat parkir sendiri yang memadai.

  1. Perhatikan kompetitor di lokasi tersebut

Lokasi coffee shop yang strategis, biasanya cenderung memiliki persaingan yang sangat ketat.
Anda mungkin saja dapat memiliki saingan bisnis yang jaraknya sangat berdekatan dengan anda dengan jenis makanan dan minuman sejenis.

Saat memilih lokasi coffee shop yang strategis, anda sangat perlu untuk mempertimbangkan kompetitor anda tersebut. Apabila anda merasa tidak yakin dapat menyainginya, sebaiknya anda memutuskan untuk memilih lokasi strategis di tempat lain.

  1. Mempertimbangakan lokasi strategis untuk coffee shop anda.

Anda harus meluangkan waktu yang cukup untuk melakukan survei calon lokasi coffe shop anda, karena memilih lokasi coffee shop merupakan salah satu strategi yang sangat penting bagi peluang kesuksesan bisnis anda.

Anda dapat melakukan survei dengan melihat seberapa ramai lokasi tersebut, baik pada hari kerja, maupun pada hari libur. Selain itu, anda juga dapat berbicara dengan warga di sekitar lokasi.

Mungkin saja, anda bisa mendapatkan banyak masukan dari warga sekitar mengenai kesesuaian coffee shop anda dengan target pasar di lingkungan tersebut, hambatan yang mungkin dapat terjadi, dan sebagainya.

Jika anda ingin membuka usaha coffee shop, anda dapat bermitra dengan Coffeland Indonesia. karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5 juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik :

  

Source: 1.

Leave a Reply