SEBERAPA EFEKTIFKAH DIET DENGAN MENGGUNAKAN GREEN COFFEE

Belakangan ini green coffee atau yang kita kenal dengan kopi hijau sedang banyak dibicarakan karena dianggap efektif menurunkan berat badan walau tidak mengubah pola makan. Dokter Mehmet Oz adalah salah satu orang  yang memopulerkan pemakaian kopi green bean untuk diet. Pada April 2012, di sebuah pertunjukan televisinya yang berjudul Green Coffee Bean Extract: The Fat Burner that Works! ia menampilkan sebuah pil yang terbuat dari ekstrak kopi green bean dan menjelaskan sejumlah fakta-fakta yang menurutnya dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Benarkah seefektif itu? Green coffee adalah biji dari buah kopi yang belum dipanggang seperti kopi biasa. Biji kopi ini mengandung asam klorogenat (cholorgenic acid) yang dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Kadar asam klorogenat itu akan berkurang jika kopi dipanggang (roasting) untuk dikonsumsi seperti biasa. “Dr.Simran Saini dari Fortis Hospital berpendapat bahwa “Asam klorogenat dalam green coffee bertindak sebagai antioksidan. Zat ini akan mengendalikan tekanan darah, membantu pelangsingan dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh

Manfaat green coffee untuk diet pernah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Salah satunya penelitian yang dilakukan oleh American Chemical Society pada tahun 2012. Dalam penelitian tersebut responden yang memiliki berat badan berlebih diminta untuk mengonsumsi green coffee selama 22 minggu. Lalu di akhir penelitian ditemukan bahwa terjadi penurunan berat badan serta kadar lemak di dalam tubuh responden.

Rata-rata penurunan berat badan yang terjadi adalah sebanyak 7 kg serta lemak total dalam tubuh berkurang hingga 16%. Walaupun begitu, masih belum ada penjelasan ilmiah yang menjelaskan tentang asam klorogenik yang dimiliki oleh green coffee dengan proses penurunan berat badan.  Selain itu, studi yang meneliti tentang manfaat green coffee untuk diet masih sangat sedikit dan hanya dilakukan pada durasi yang singkat sehingga belum diketahui apa dampak jangka panjangnya.

Apabila anda sedang diet untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan green coffee, ada baiknya  anda mengimbanginya dengan pengaturan pola makan dan memperbanyak aktivitas fisik. Centers for Disease Control and Prevention menyarankan untuk menerapkan gaya hidup yang baik, mengurangi asupan kalori makanan sehari sebanyak 500-1000 kalori dan melakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari dengan tingkat aktivitas fisik yang sedang.

 

 

 

Source: 1, 2.

Leave a Reply