KUALIFIKASI MENJADI SEORANG BARISTA

Profesi barista di coffee shop tentunya sangat ideal bagi orang yang sangat suka dengan kopi, industri kuliner, atau munngkin bagi anak muda yang menginginkan kerja sampingan  Barista biasanya memiliki citra keren, dengan pakaiannya yang dilengkapi apron, dan terampil mengoperasikan mesin kopi, juga karismatik dalam menyajikan kopi.

Banyak anak muda pun mendambakan menjadi seorang barista. Hanya saja, ternyata profesi ini tidak semudah yang dibayangkan. Sebenarnya tugas barista sangat komprehensif dari mulai mencari kopi terbaik, dapat menjelaskan kopi yang dipilihnya, menguasai alat-alat yang digunakan, menjalankan teknik meracik kopi dengan baik dan bersih, dan menyajikan kopi dengan rapi. Jika anda tertarik untuk menjadi barista, Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana syarat menjadi seorang barista.

Banyak pemilik coffee shop atau restoran yang lebih memilih kandidat dengan karakter yang bagus, daripada mementingkan kemampuan teknis kandidat. Berikut adalah bebeberapa karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang barista:

  • Keterampilan berkomunikasi dengan orangIndustri kuliner adalah industri yang serba cepat. Restoran membutuhkan orang yang bisa membuat pelanggan tersenyum di tengah padatnya jam kerja mereka.
  • Semangat untuk belajarOrang yang memiliki kemauan untuk belajar sangat dicari karena para pemilik coffee shop bersedia mengajari para calon barista mereka.
  • Kemampuan untuk beradaptasi di lingkungan kerja yang serba cepat: Suasana di coffee shop bisa menjadi sangat sibuk dan seorang barista profesional harus mampu menangani stres dan bisa membuat berbagai macam pesanan minuman sekaligus.
  • Memiliki mindset yang fokus pada detail: Proses menyeduh kopi membutuhkan banyak langkah agar barista dapat menonjolkan cita rasanya. Saat ada kesalahan, itu akan mengacaukan rasa kopi secara drastis. Seorang barista profesional harus mampu memperhatikan setiap aspek untuk memastikan kualitas rasa dan konsistensinya.
  • Mampu membangun hubungan dengan pelanggan: Membangun hubungan dengan pelanggan sangatlah penting untuk seorang barista. Hafalkan nama-nama pelanggan tetap dan juga minuman kesukaannya agar mereka merasa dihargai dan membuat mereka mau kembali lagi ke restoran atau coffee shop anda.

Cara Menjadi Barista Bersertifikasi

Untuk barista yang sudah menekuni pekerjaan ini selama bertahun-tahun dan berencana untuk menetapkan ini sebagai karirnya, ada baiknya anda mengambil sertifikasi. Ada beberapa sertifikasi yang bisa anda pertimbangkan. Cobalah untuk mengeksplor sekolah atau kursus barista di sekitar anda.

Sertifikasi barista sangat ideal untuk anda yang berencana untuk pindah kerja dari satu coffee shop ke coffee shop lain yang lebih berkelas dan lebih banyak menjualkan kopi dan minuman berbahan dasar espresso. Selain itu, sekolah dan kursus barista akan mengajari anda tentang bagaimana anda harus membuat kopi dengan lebih baik serta menjaga kualitas minuman.

Para pemilik restoran atau coffee shop juga akan diuntungkan jika mempekerjakan barista bersertifikasi. Mereka dapat memanfaatkan ilmu yang anda miliki untuk memperkaya menu kopi di buku menu mereka dan membuat proses training yang mereka jalankan lebih kredibel.

Berikut beberapa hal yang biasanya dibahas di sekolah atau tempat pelatihan barista:

  • Ilmu menyeduh kopi.
  • Hal fundamental terkait dengan barista, seperti menggiling kopi, membuat espresso, dan mengukus susu.
  • Asal biji kopi dan proses jual beli biji kopi.
  • Coffee cupping dan tasting.
  • Pelatihan intensif dalam membuat espresso, menggiling biji kopi dan tamping.
  • Seluk beluk peralatan pembuat kopi.
  • Customer service.
  • Kopi cold brew.

Siapapun anda, baik itu mahasiswa yang sedang mencari kerja paruh waktu atau penggemar kopi, pekerjaan menjadi barista adalah pilihan yang sangat bagus. Anda tidak perlu memiliki pengalaman kerja untuk menjadi seorang barista, itulah kenapa posisi ini sangat tepat untuk entry-level di industri kuliner saat ini.

Dari setiap Paket Kemitraan Coffeeland Indonesia, telah termasuk Pelatihan Barista yang meliputi Sejarah Kopi, Pengetahuan Tentang Kopi, Hospitality, Pelatihan Barista, Pengenalan Alat-alat, Cara Mengoprasikan dan Perawatan Equipment, Pelatihan Pembuatan Menu, dan juga Coffee Cupping.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1.

Leave a Reply