Pada saat ditanya, jenis kopi apa yang pertama kali di konsumsi. Mungkin sebagian orang akan menyebutnya kopi hitam atau kopi tubruk. Pecinta kopi pastinya sudah tidak asing dengan jenis kopi yang satu ini.
Pada saat ditanya, jenis kopi apa yang pertama kali di konsumsi. Mungkin sebagian orang akan menyebutnya kopi hitam atau kopi tubruk. Pecinta kopi pastinya sudah tidak asing dengan jenis kopi yang satu ini.

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak digemari oleh orang indonesia. Bahkan sebagian besar orang yang suka kopi pasti sudah punya jadwal ngopi sendiri. Ketika bulan Ramadhan tiba apakah kita masih bisa menjalankan rutinitas ngopi?

Banyak penikmat kopi takut mengkonsumsi kopi pada bulan Ramadhan karena dapat mengganggu kesehatan tubuh. Tapi, tahukan anda bahwa ngopi di bula Ramadhan tidak mengganggu kesehatan asal sesuai dengan anjuran.Untuk anda yang mungkin khawatir dan takut minum kopi selama bulan suci Ramadhan ini tenang saja, karena kami akan memberikan beberapa tips ngopi selama bulan Ramadhan. Simak tips selengkapnya!

Minum Kopi pada Saat Sahur

Anda yang terbiasa minum kopi di pagi hari, maka dapat mengganti waktunya pada saat sahur. Sebaiknya anda mulai minum kopi setelah makan sahur dan jangan lebih dari satu cangkir.  Saat sahur juga diharuskan mengonsumsi air putih lebih banyak untuk mengatasi dehidrasi tubuh. Ketika anda mengonsumsi kopi pada saat sahur, anda akan memiliki energi untuk melanjutkan ibadah dan dapat berkonsentrasi saat bekerja atau melakukan aktifitas di pagi dan siang harinya.

Minum Kopi setelah Berbuka

Jangan mengonsumsi kopi saat adzan maghrib tiba karena kafein akan meningkatkan pelepasan asam lambung di perut anda yang masih kosong. Akibatnya anda akan mengalami gangguan pencernaan. Lebih baik anda minum kopi dua jam setelah berbuka puasa. Saat berbuka puasa lebih baik mengonsumsi makanan manis terlebih dahulu, air yang cukup lalu menikmati makanan utama. Sesaat sebelum atau akan memulai shalat Isya dan Tarawih baru lah anda dapat minum kopi, anda pun akan lebih khusyuk tanpa rasa mengantuk.

Mengonsumsi Kopi yang Segar

Kopi segar yang dimaksud adalah biji kopi yang tidak terlalu lama disangrai dan tidak terlalu lama disimpan. Hindari mengonsumsi kopi sachet atau kopi ready to drink karena kandungan kopinya tidak 100% asli dan bisa mengganggu kesehatan.

Mengonsumsi Air yang Cukup

Tidak seperti hari-hari biasanya, di bulan puasa anda tidak disarankan mengonsumsi kopi secara berlebihan. Anda perlu mengimbangi asupan kafein dengan perbanyak meminum air agar tubuh seimbang dan anda dapat menjalankan puasa lebih maksimal.

Kami segenap tim dan keluarga besar Coffeeland Indonesia mengucapkan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

 

source: webkesehatan.com, winnetnews.com

Leave a Reply

WhatsApp chat