VARIETAS KOPI HIBRIDA YANG POLULER

Varietas hibrida adalah varietas kopi yang tercipta dari proses persilangan beberapa varietas kopi, gunanya meningkatkan potensi varietas kopi agar lebih memiliki ketahanan terhadap ancaman tanaman kopi. Selain itu, juga bertujuan melahirkan tanaman yang baik dan tahan terhadap hama, kondisi tanah, maupun iklim di suatu tempat tertentu.

Beberapa Sifat Kopi Hibrida

Dari spesies kopi yang tumbuh di berbagai negara produsen kopi di dunia telah dihasilkan beberapa jenis kopi hibrida. Sifat atau karakteristik jenis kopi hibrida menunjukan beberapa perbedaan sebagai berikut:

Hibrida Arabika x Liberika

  • Produksi tinggi tetapi rendemen rendah
  • Bersifat self fertil (penyerbukan sendiri)
  • Sebagian batang bawah dapat menggunakan kopi Excelsa atau Robusta

Arabika x Robusta

  • Cabang primer dapat bertahan cukup lama
  • Peka terhadap serangan HV dan bubuk buah
  • Dapart berbuah sepanjang tahun
  • Bersifat self fertil (penyerbukan sendiri)
  • Didataran tinggi yang sama lembab bisa berproduksi tinggi, tetapi mudah terserang jamur kupas
  • Biji berbentuk gepeng dan agak lonjong
  • Sebagian batang bawah dapat menggunakan kopi excelsa

Kopi hibrida merupakan keturunan pertama hasil perkawinan antara dua varietas kopi segingga mewarisi sifat unggul dari induknya. Berikut ini adalah beberapa varietas kopi hibrida yang populer.

  1. Timor

Varietas timor adalah persilangan antara kopi arabika dengan robusta. Varietas ini juga dikenal dengan nama hibrido de timor.

Nama timor diambil dari tempat tanaman ini dikembangkan, yaitu Pulau Timor. Varietas kopi ini mulai dikembangkan pada tahun 1940-an. Maksud persilangan ini adalah untuk menghasilkan kopi yang tahan penyakit karat daun tapi memiliki rasa dan aroma khas kopi arabika.

Selain timor, masih ada beberapa lagi varietas hasil persilangan antara jenis kopi arabika dan robusta. Salah satunya yang berasal dari Indonesia adalah bogor prada.

  1. Catimor

Catimor merupakan hasil persilangan dari varietas kopi caturra dan timor. Sebagaimana tujuan persilangan antar spesies kopi ini, dimaksudkan catimor mewarisi sifat baik dari caturra dan timor. Catimor memiliki ketahanan terhadap hama karat daun seperti varietas timor dan kecepatan panen seperti caturra.

Tanaman catimor berukuran kecil (dwarfisme), tapi bijinya cukup besar. Oleh karena adanya unsur robusta yang terkandung dalam varietas ini, rasa pahit lebih kentara ketimbang rasa asamnya.

  1. S228

S228 atau dikenal dengan nama lain lini S merupakan varietas kopi hibrida asal India. Varietas ini merupakan persilangan antara kopi arabika dengan liberika. Selain S228, persilangan antara arabika dengan liberika ini juga menghasilkan varietas kopi S26, kalimas, dan kawisari.

Demikian ulasan mengenai varietas kopi hibrida yang populer di dunia. Semoga dapat membantu dan menambah wawasan anda. Untuk pemesanan, Coffeeland menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.

Leave a Reply