Jika kamu telah beralih ke manual brewing at home atau menyeduh kopi di rumah dengan cara menggiling kopi secara manual, maka ada bebrapa hal yang harus di perhatikan dari mulai menyiapkan cangkir yang bagus, roasted bean yang segar dan dan mencari tahu rasio air yang tepat untuk menyeduh kopi yang akan kamu nikmati. Semua hal ini adalah bagian dari memastikan bahwa kamu akan mendapatkan secangkir kopi terbaik. Tentunya, kita tidak bisa membuat secangkir kopi tanpa air, karena itulah air menjadi komponen penting dalam menyeduh kopi. Selain itu juga ada satu hal penting untuk membuat secangkir kopi terbaik yaitu menentukan suhu air. Karena ketika kopi bertemu dengan air, air tersebut mengambil aroma, rasa dan zat-zat lain sehingga kamu bisa menikmati secangkir kopi terbaik kamu. Dengan kata lain, secangkir kopi yang sudah siap kamu nikmati tersebut, adalah hasil ekstraksi dari biji kopi. Dan ekstraksi itu terjadi setiap kali kamu menyeduh kopi.

Tetapi, dalam menyeduh kopi, ada beberapa parameter yang harus kamu kontrol sehingga kamu akan mendapatkan ekstraksi yang ideal, karena ada dua hal yang kemungkinan terjadi pada extraction (ekstraksi) yaitu under-extraction atau over-extraction. Under-extraction adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan bahwa sari-sari kopi terlalu sedikit yang berhasil di ekstraksi. Sebaliknya, over-extraction terjadi karena terlalu banyak sari kopi yang terekstrak termasuk komponen yang membuat rasa kopi menjadi terlalu pahit dan tidak nikmat. Karena dalam menyeduh kopi tujuannya adalah mencari balance ekstraksinya artinya tidak under-extraction atau tidak over-extraction supaya mendaptkan ekstrasi yang ideal. Karena ekstraksi yang ideal, akan menghasilkan rasa kopi yang manis seperti buah yang ranum, keasaman yang membuat rasanya menjadi kompleks, serta sentuhan rasa-rasa tertentu yang dapat kamu temukan.

Berikut adalah peran air untuk mendaptkan cita rasa kopi yang ideal:

  1. Air yang anda gunakan sangat penting untuk kualitas kopi yang akan  Oleh karena itu gunakan air yang sudah disaring atau air kemasan jika air keran kamu tidak baik atau memiliki bau atau rasa yang kuat, seperti klorin sehingga air tersebut tidak bisa di gunakan untuk menyeduh kopi. Tetapi jika kamu menggunakan air keran, maka biarkan beberapa detik sebelum mengisi teko kopi Anda.
  2. Rasio air terhadap kopi, juga harus diperhatikan. Periksa garis cangkir atau indikator pembuatan kopi yang spesifik untuk melihat ukuran sebenarnya. Dan ingat bahwa beberapa air hilang akibat penguapan pada metode penyeduhan  tertentu.
  3. Untuk mendaptkan ekstraksi yang optimal anda harus menggunakan  suhu air antara 195 sampai 205 derajat Fahrenheit . Jika Anda menyeduh kopi secara manual, biarkan air mendidih, tapi jangan terlalu mendidih. Matikan sumber pemanas air dan biarkan air beberapa menit sebelum di tuangkan.
  4. Brewing Time, ketika kopi bertemu dengan air merupakan faktor yang akan menghasilkan cita rasa kopi yang ideal. Dalam sistem tetesan, waktu pertemuan kopi dan air memerlukan sekitar 5 menit. Jika Anda membuat kopi menggunakan French Press, waktu peretmuan kopi dengan air memerlukan 2-4 menit. Espresso memiliki waktu pembuatan kopi  yang sangat singkat, pertemuan kopi dengan air hanya dalam 20-30 detik saja. 

Selamat mencoba dan bereksperimenlah dengan waktu anda, sampai anda mendapatkan keseimbangan yang tepat untuk selera anda. Dan kami sarankan kamu harus mencoba semua jenis kopi yang tersedia di Coffeeland Indonesia agar bisa mendefinisikan kopi apa yang ideal pada lidah kamu.

 

Sorce : 1 2

Coffeeland Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *