Kopi Specialty vs Kopi Commercial

Kopi dapat didefinisikan secara luas sebagai kelas Specialty atau komersial. Dari sudut pandang konsumen, perbedaan yang paling nyata antara kopi komersial dan kopi specalty adalah kemasan: Kopi komersial hadir dalam botol kecil instan atau sudah digiling dan dikemas dalam kaleng atau batu bata yang dilapisi plastik. Kopi Specialty disimpan atau dikirim masih bentuk bean, baik dalam kantong seberat satu pon atau dalam jumlah besar, dan perlu digiling sebelum diseduh.

Kopi specialty menawarkan pilihan yang jauh lebih banyak daripada kopi komersial. Anda bisa membeli kopi dari tempat asal green bean (Kenya, Kolombia), dengan di roasting (Prancis, Italia), atau dengan paduan yang dirancang untuk waktu, harga, atau rasa. Kopi komersial hanya menawarkan pilihan campuran dan di roasting yang sangat terbatas, dan sedikit kemungkinan membeli kopi asal tunggal dan tidak berlapis.

Kopi Specialty berarti bagaimana tentang perawatan dan dedikasi. Ini harus terjadi sepanjang semua rangkaian

proses kopi: dari biji ke cangkir. Perjalanan yang panjang dimulai dengan memutuskan menanam bibit kopi terbaik. Ini berlanjut dengan menerapkan praktik terbaik untuk penggilingan dan memilih metode pemanenan dengan hati-hati yang memastikan kematangan sepenuhnya dan ceri yang tidak rusak. Ini melewati tangan yang terampil, yang peduli dengan profil pada saat roasting kopi yang optimal untuk meningkatkan rasa alami dari setiap varietas dan asal kopi; Perajin kopi juga merawat dengan cara terbaik untuk mengemas dan menyimpan sangrai biji kopi. Lalu setelah itu  seorang barista berpengalaman yang menyajikan secangkir kopi lezat anda atau Anda mengajarkan diri Anda untuk menyeduh dan menikmati secangkir kopi spesial itu.

Ada dua jenis kopi utama: Arabika dan Robusta. Sementara Robusta banyak digunakan dalam kopi Komersial, Arabika adalah spesies yang paling disukai untuk Specialty Coffee Roasters. Hal ini terjadi karena lebih mudah menemukan bean berkualitas tinggi pada biji Arabika. Sedangkan kopi Robusta cenderung jauh lebih murah dari pada bean Arabica (sekitar setengah harga di pasar komoditas) – insentif besar untuk Komersial dan penjual kopi instan yang menjual secara cuma-cuma. Kopi Robusta memiliki rasa terbakar yang melekat dan kacang memiliki 2,7% kandungan kafein. Di sisi lain, Arabica memiliki rasa buah dan bunga saat diroasting dengan hati-hati (karena konsentrasi lipid dan gula yang lebih tinggi) dengan kandungan kafein 1,5%.

Kopi Specialty, memerlukan proses rutin saat panen yaitu dengan memilih buah ceri kopi pada saat puncak kematangan dari pepohonan kopi yang teduh. Pada hari yang sama, semua ceri menjalani proses pembersihan, pemilihan dan pemilahan: semua ceri yang tidak sempurna dan tidak matang sama-sama dengan cabang, kerikil dan daunnya dikeluarkan. Ini adalah langkah yang sangat penting karena bahkan sejumlah kecil ceri yang rusak atau belum matang bisa merusak cita rasa yang diinginkan.

  

Di sisi lain, kopi komersial sebagian besar dipanen dengan menggunakan mesin. Mesin tidak peduli apakah ceri sudah matang, hijau atau bahkan rusak. Mereka memanen semua apa yang ada di pohon, bahkan seringkali cabang dan dedaunan. Produsen kopi komersial mencoba untuk menghapus semua benda yang tidak diinginkan juga; Namun, biasanya menemukan kacang, batu, cabang, atau partikel plastik yang tercemar dicampur di antara biji kopi hijau di dalam karung kopi yang siap diekspor.

  

Kopi Specialty memberikan banyak informasi tentang asal dan kualitasnya. Anda dapat dengan mudah menelusuri varietas kopi, periode panen, negara dan wilayah asal, perkebunan kopi spesifik (disebut Kawasan Tunggal), ketinggian yang tumbuh (meter di atas permukaan laut; ketinggian yang lebih tinggi sering diterjemahkan ke dalam kualitas yang lebih baik karena biji kopi yang lebih padat ), metode pengolahan (dicuci, semi dicuci, alami), tanggal roasting, gaya roasting (ringan atau sedang), cupping dan catatan sensorik. Selain itu, kemasan roasted bean coffee berkualitas tinggi dan memerlukan tempat yang dapat melindungi kualitas biji kopi dari oksigen dan kelembaban, bersama dengan katup degenerasi satu arah, untuk melestarikan aroma alami dan rasa yang sangat baik.

Perbandingan Singkat Kopi Specialty dan Kopi Commercial:

 

Semoga anda bisa menyimak perbedaan Kopi Specialty vs Commercial. Dan setelah menyimak semoga anda tidak ragu untuk mengkonsumsi Kopi Specialty dari Coffeeland Indonesia. Buatlah pengalaman baru bagi anda yang belum pernah mencoba menyeduh kopi di rumah anda sendiri atau sering disebut dengan istilah manual brewing” dengan kopi bean yang segar. Anda akan meresakan kelezatan dan aroma dari secangkir kopi yang anda buat. Semakin banyak Anda tahu tentang kopi yang Anda minum, maka Anda akan semakin cerdas melacak dan memastikan kualitas aslinya.

Coffeeland Indonesia menyediakan beberapa Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin dari beberapa daerah Indonesia yang sudah dikenal baik di dalam maupun di luar negri. Ada beberapa jenis kemasan Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin untuk anda coba, agar anda bisa menemukan karakter rasa kopi apa yang cocok untuk memanjakan lidah anda. Kemasan yang tersedia mulai dari 125gr, 250gr, 500gr hingga 1Kg.

Adapun Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin yang tersedia di Coffeeland yaitu : Kopi Arabica Aceh Gayo Specialty, Kopi Arabica Toraja Specialty, Kopi Arabica Flores Specialty, Kopi Arabica Bali Specialty, Kopi Arabica Java Specialty, Kopi Arabica Malabar Specialty, Kopi Arabica Mandheling Specialty, Kopi Arabica Wamena Specialty, dan Kopi Arabica Blue Korintji Specialty.

Untuk pemesanan silahkan Order via What’sApp : Klik disini!

 

Source : 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *