Membahas tentang kopi memang tidak akan pernah bosan. Semakin dikulik, akan semakin menyenangkan dan menemukan banyak hal baru, semakin banyak harus dipelajari. Jenis kopi pun ada banyak sekali. Di Indonesia saja, setiap daerah selalu memiliki kopi khas yang enak. Pada saat ditanya, jenis kopi apa yang pertama kali di konsumsi. Mungkin sebagian orang akan menyebutnya kopi hitam atau kopi tubruk.

Kopi tubruk merupakan warisan budaya Nusantara yang masih bertahan hingga saat ini. Banyak penikmat kopi yang memilih menyeduh kopi cara ini karena kopi tubruk akan menampilkan karakter kopi dan cita rasa yang sesungguhnya.

Seperti namanya, tubruk intinya adalah cara membuat kopi yang menubrukkan kopi dan air secara langsung. Sederhana! Kopi terendam (dengan metode immersion) dan langsung siap minum. Tahapannya pun singkat. Hanya memerlukan waktu 4 menit untuk menghasilkan secangkir kopi tubruk yang paling enak!

Cara membuat kopi tubruk memang sangat mudah. Tapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Supaya hasil kopinya semakin enak dan nikmat. Menyeduh kopi itu seperti membuat maha karya. Setiap tangan menghasilkan rasa kopi yang berbeda, walaupun memakai jenis kopi yang sama. Perbandingan air, kopi dan gula pun harus tepat. Inilah tips yang harus anda perhatikan, supaya menghasilkan rasa kopi yang nikmat.

 

  • Air Seduhan

Dalam satu cangkir kopi tradisional ini, 90 persennya berisi air. Oleh karena itu anda harus memberikan suhu air yang tepat, sehingga rasanya kopi akan semakin nikmat. Panaskan air sampai suhu 90oC. Semakin rendah temperatur air, maka rasa kopi semakin asam.

 

  • Jenis Kopi Yang Di Seduh

Anda bisa memakai jenis biji kopi apapun untuk membuat kopi tubruk. Tinggal sesuaikan dengan selera anda. Pilihlah biji kopi yang masih segar, yang baru saja di sangrai. Jangan gunakan biji kopi yang sudah di sangrai lebih dari 2 bulan.  Proses penggilingan akan lebih baik jika anda menggiling kopi tepat sebelum diseduh, karena aroma kopi yang sudah digiling atau dihancurkan lebih mudah menguap. Tingkat kehancuran biji kopi pun harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu halus karena akan menyebabkan kopi menjadi terlalu pahit dan jangan pula terlalu kasar agar kopi tidak terlalu asam. Semakin kasar hasil gilingan kopi, maka air pun akan semakin sulit buntuk melarutkan sari-sari kopinya.

 

  • Alat Seduh

Untuk membuat kopi ini, anda tak perlu alat seduh yang rumit. Anda hanya butuh panci, teko dan sendok saja. Tak perlu mesin penyeduh kopi yang rumit. Untuk menggilingnya, anda bisa memakai alat giling atau menggiling secara manual. Semua alat seduhnya bisa anda temukan di rumah. Dengan harga yang murah meriah.

 

  • Rasio Air dan Kopi

Untuk membuat kopi tubruk yang enak, anda harus memperhatikan rasio air dan kopinya. Sebenarnya rasio ini bisa disesuaikan dengan selera. Anda ingin kopi yang kental atau agak cair. Kalau kental rasio kopinya lebih banyak dibandingkan air. Tapi kalau kopi terlalu encer, bisa menghilangkan karakter dan rasa dari kopi itu sendiri. Oleh karena itu anda harus membuat dengan perbandingan yang tepat. Perbandingannya bisa memakai 1:15. Misalkan anda memiliki 20 gram kopi, maka memakai air 300 ml. dengan perbandingan ini, akan membuat kopi semakin enak dan nikmat.

 

  • Waktu Penyeduhan

Timing is everything. Agar seduhan kita menghasilkan aroma dan rasa terbaik, perlu waktu seduh yang tepat. Untuk metode tubruk ini, waktu yang kita butuhkan kira-kira 4 menit. Sebagai tambahan, pada awal menyeduh sebaiknya kita membasahi kopi selama 30 detik. Ini kita lakukan untuk memanaskan bubuk kopi secara awal (pre-heating). Selain itu, ini kita lakukan juga untuk mengeluarkan gas yang terkandung di kopi dan sela-selanya.

Setelah menyeduh, biarkan kopi larut selama 3-5 menit tanpa mengaduknya terlebih dahulu. Biarkan kopi dan air melarut secara alami. Setelah itu, baru diaduk perlahan. Jika menginginkan rasa yang lebih kuat, maka aduklah lebih lama.

Bagaimana mudah bukan? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus memakai bahan yang rumit. Bisa di buat sendiri di pagi hari setelah bangun tidur. Menikmati kopi tubruk pasti akan menyenangkan

 

 

Source: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7.

Coffeeland Indonesia