Secara global, konsumsi kopi tiap harinya diperkirakan lebih dari 2,25 miliar cangkir kopi. Semua orang yang ingin menikmati kopi, baik itu pemula atau coffee addict harus mengetahui cara membuat secangkir kopi yang sempurna. Berikut ini beberapa tips yang disarankan para ahli, dari memilih biji yang tepat dan  bagaimana cara menyeduh kopi agar menjadi sempurna.

1.Giling biji kopi
Sebelum menggiling biji kopi, ada baiknya kita tahu tips memilih biji kopi dan cara memanggangnya. Ahli kopi Rick Tingley dari Taylors dari Harrogate menyarankan untuk memilih biji kopi yang dipanen atau matang pada waktu musim dingin karena memberikan rasa yang khas seperti karamel dengan sedikit jeruk. Akan tetapi, di Indonesia terdapat banyak kopi yang memiliki cita rasa unik yang juga direkomendasikan bagi pecinta kopi. Seperti Kopi Arabika Flores Bajawa yang beraroma caramel dan memiliki rasa jeruk, Kopi Arabika Bali Kintamani yang beraroma jeruk dan lemon, Kopi Arabika Papua Wamena dan Kopi Arabika Toraja yang beraroma caramel, atau Kopi Arabika Aceh Gayo yang memiliki rasa jeruk. Selanjutnya saat memanggang biji kopi, panas akan menyebabkan perubahan pada tingkat kimia yang mengubah warnanya menjadi gelap dan akan mengunci aroma dan rasa di dalam iji kopi. Setelah dipanggang, sebaiknya biji kopi langsung didinginkan. Menurut Tingley, cara yang tepat dalam memanggang biji kopi adalah pada suhu rendah untuk rasa yang halus dan proses yang pendek untuk menghasilkan aroma buah dan asam.Kemudian untuk proses menggiling biji kopi, Tingley mengatakan lebih baik biji kopi digiling di rumah karena kopi giling akan bertahan kesegarannya selama 15-20 menit.

2. Gunakan grinder
Grinder akan menghasilkan kopi yang konsisten. Jika anda tidak memiliki penggiling yang layak, maka akan berpengaruh pada kecepatan ekstrasi dan rasa kopi. Semakin besar ukuran menggiling pun akan membuat waktu minuman semain lama. Proses menggiling menggunakan grinder sangat penting untuk anda ketahui, karena ukuran partikelnya harus tepat.

3.Ukuran hasil giling
Apabila anda ingin membuat kopi espresso, maka biji kopi harus digiling sangat halus dan mirip dengan tepung. Partikel kopi harus sama dengan pasir atau garam meja, jika terlalu halus akan terasa pahit, sedangkan jika terlalu besar akan terasa datar atau hambar.Ukuran hasil giling juga dibedakan beradasarkan alat penyeduhnya. Apabila anda menggunakan autodripe atau pourover maka ukuran hasil giling sedang. Jika menggunakan French Press maka partikel kopinya kasar. Lain halnya dengan Aero Press yang dapat bervariasi tergantung dengan resepnya.

4. Temperatur air antara 195-205 F
Temperatur dan takaran air perlu dipertimbangkan untuk secangkir kopi yang sempurna. Taylors pernah melakukan perjalanan ke Swiss untuk mendapatkan sebotol air dari mata air mineral. Hal itu karena air berpengaruh terhadap kualitas kopi. Anda bisa menggunakan air yang disaring atau air mineral dalam kemasan botol. Jangan gunakan air yang berbau, berwarna atau mengandung klorin.Temperatur yang digunakan untuk mendidihkan air berkisar 195-205 F selama 30 menit (kecuali espresso). Setelah air siap, anda dapat menyiapkan mug dripper yang dilapisi kertas filter, lalu siram filter dengan air panas untuk menghilangkan debu kertas dan untuk memanaskan kerucut.

5. Jangan simpan kopi di lemari pendingin
Kebersihan dari peralatan untuk membuat kopi harus selalu terjaga. Menurut Carguilo, rasa kopi yang kuat harus didukung peralatan yang tepat. Simpan biji kopi dalam kemasan yang tertutup sejak pemanggangan. Setelah kopi digunakan, buang angin dari dalam kemasan, kemudian simpan di tempat yang kering dan gelap. Jangan simpan kopi di kulkas.

6. Ukuran air
Gunakan takaran yang sesuai untuk menyeduh kopi, untuk setiap 8 oz air gunakan 0,5 oz kopi. Perbandingannya harus pas dan gunakan rasio yang sama untuk kelipatan atau kuantitasnya.Anda juga perlu menguasai cara menuang kopi (brewing time). Jika memakai drip system, anda memerlukan waktu kurang lebih sekitar 5 menit. Caranya letakan bubuk kopi pada filter. Setelah air mendidih, tunggu 10 detik baru tuangkan air panas perlahan dalam gerakan melingkar. Setelah itu, biarkan kopi mekar dalam jeda 30 detik hingga terlihat  menggelembung. Lalu tuang lagi air dan tunggu beberapa saat hingga air menetes melalui dripper. Ulangi proses ini sesuai jumlah seduhan kopi yang anda inginkan.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara membuat secangkir kopi yang sempurna. Sekarang langkah berikutnya adalah bagaimana anda mendapatkan kopi arabika yang sempurna.karena tidak hanya mahir dalam pembuatan secangkir kopi yang sempurna saja tetapi kualitas kopi juga akan menyempurnakan secangkir kopi anda. Coffeeland Indonesia menyediakan Varian Kopi yang berkualitas yaitu kopi Arabika single orgin specialty: Arabika Papua Wamena, Arabika Flores, Arabika Aceh Gayo, Arabika Bali Kintamani, Arabika Java, Arabika Malabar, Arabika Blue Korintji, Arabika Mandheling dan Arabika Toraja. Dengan kemasan yang tersedia: 1kg, 500gr, 250gr dan 125gr.

Untuk Pemesanan silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik :

 

Source : 1, 2

Pict Source : Here

Coffeeland Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *