5 METODE PENYEDUHAN KOPI ALA BARISTA | MUDAH DILAKUKAN DI RUMAH

Bisa dikatakan jika cara membuat kopi merupakan sebuah seni dan tidak hanya sekedar menyeduh kopi bubuk dengan air panas saja, tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan sehingga rasa kopi yang didapat juga sangat bervariasi. Metode French Press, Aero Press, dan Pour over, mungkin sudah awam bagi para pencinta kopi. Nah disini kami akan membahas mengenai metode lainnya dalam menyeduh kopi yang tentunya mudah dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke coffee shop. Berikut beberapa metode dalam meyeduh kopi dibawah ini:

  1. Cold Brew

Cara menyeduh kopi dengan metode cold brew terbilang cukup mudah. Pertama, bubuk kopi dimasukkan ke dalam gelas ukuran sedang. Kemudian diaduk hingga rata, lalu tutup gelas dan tunggu selama 18 sampai 24 jam. Setelah itu, ampas kopi disaring menggunakan kain penyaring atau saringan ke dalam wadah dan kopi siap disajikan.

  1. Percolator [Penyaring Kopi]
Source

Metode menyeduh kopi dengan menggunakan percolator atau alat penyeduh kopi yang ditaruh di atas kompor. Percolator ini sudah ada sejak dulu dan sempat populer di tahun 70’an sebelum akhirnya digantikan oleh mesin pembuat kopi otomatis. Satu gelas kopi yang dibuat dengan metode percolator memiliki kadar kafein sekitar 200 mg. Cara membuat kopi dengan alat ini juga cukup mudah. Pertama, siapkan air dan bubuk kopi. Takar air dan masukkan ke dalam badan percolator, kemudian pasangkan ke batang percolator. Lalu tambahkan bubuk kopi. Setelahnya, tutup dan letakkan percolator di atas kompor lalu panaskan d atas api. Tunggu sampai cairan kopi mengeluarkan bunyi dan berbuih seperti air mendidih. Setelah itu, matikan api dan sajikan kopinya.

  1. Automotic Drip
Source

Cara menyeduh kopi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan mesin kopi otomatis yang biasa di gunakan di rumah. Pertama, siapkan dulu kertas penyaring kopi, kemudian masukkan kopi sesuai takaran yang diinginkan pada wadah yang telah dilapisi kertas tadi. Hubungkan mesin pembuat kopi ke saluran listrik kemudian hidupkan mesinnya. Bila mesin tidak memiliki pengatur waktu, maka tunggu hingga mesin selesai membuat kopi dan sajikan dalam gelas.

  1. Turkish Coffee
Source

Selanjutnya, ada cara menyeduh kopi ala turki dengan menggunakan pot atau ceret yang dinamakan cezve yang punya tangkai panjang. Cara membuat kopi dengan alat ini cukup mudah. Langkah pertama, Anda perlu mendidihkan air, kemudian masukkan air dan bubuk kopi kedalam cezve. Jika Anda menyukai kopi dengan rasa manis, Anda bisa menambahkan gula sesuai selera. Setelahnya, taruh cezve diatas kompor, panaskan dan tunggu hingga kopi mendidih serta mengeluarkan buih. Lalu sajikan kopi yang sudah Anda buat tadi.

  1. Moka Pot
Source

Cara menyeduh kopi ala barista lainnya adalah dengan menggunakan moka pot. Alat ini tidak memerlukan listrik. Sama seperti preculator, moka pot hanya memerlukan kompor. Alat penyeduh ini biasanya digunakan untuk membuat kopi yang mirip dengan espresso. Jadi, kalau Anda ingin minum espresso tetapi tidak mempunyai mesinnya, Anda bisa menggunakan moka pot sebagai alternative mesin espresso. Membuat kopi dengan moka pot juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyiapkan kopi, air mendidih dan moka pot itu sendiri.

 

Nah itu dia 5 metode penyeduhan kopi ala barista. Ternyata, membuat kopi ala kafe sendiri di rumah tidak sesulit yang dipikirkan ya? Alat-alat untuk menyeduh kopi dapat dipesan di Coffeeland Indonesia. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Selain peralatan kopi, Kami juga menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim Marketing kami. klik Whatsapp di bawah ini.

 

   

Source: 1

Leave a Reply