Membuka sebuah bisnis Coffee shop atau kedai kopi memang sangat menarik dan bisa sangat menguntungkan bagi mereka yang terjun di bisnis ini. Dengan meningkatnya permintaan akan minuman espresso yang memiliki kualitas tinggi dan penjualan yang sangat tinggi di pasar, seharusnya kedai kopi / coffee shop yang memiliki lokasi yang baik dan dikelola dengan baik bisa sukses dan terus berkembang.

Ditambah lagi… semua orang pasti suka minum kopi bukan?

Jadi, mengapa ada beberapa bisnis kedai kopi / coffee shop yang gagal?

Bisnis kopi bisa gagal karena sejumlah alasan. Tetapi secara umum yang bisa kami temukan alasannya bukan terletak atau karena kopi yang mereka milki. Bahkan kedai kopi yang memiliki karyawan yang telah terlatih dengan baik bisa gagal. Jadi apa saja kesalah-kesalahan yang harus mereka hindari saat membangun sebuah kedai kopi mereka?

Bisnis kopi dapat gagal karena sejumlah alasan sebagai berikut:

 

  1. Kurangnya Penelitian (Riset) yang diperlukan

Source

Tidak hanya untuk bisnis kopi, memulai bisnis apa pun pastinya memerlukan pasar, dan banyak sekali pemilik kedai kopi / coffee shop yang baru merintis melupakan hal dasar ini. Daya tarik bisnis Coffee shop membuat banyak pemilik kedai kopi / coffee shop hanya memikirkan bagaimana mereka bisa cepat “membuka kedai kopi” tanpa melakukan penelitian dan perencanaan bisnis kopi mereka terlebih dahulu.

Meskipun anda sangat suka minum kopi, anda tahu cara menyeduhnya, dan lalu anda membayangkan dan berencana untuk menjalankan bisnis kedai kopi / coffee shop sendiri. Ternyata, itu semua tidak cukup, karena untuk membuka kedai kopi / Coffe shop lebih rumit dari yang anda bayangkan sebelumnya.

Banyak sekali orang yang memilih terjun kedalam startup bisnis kopi tanpa mempelajari apa yang dibutuhkan untuk membuat bisnis mereka sukses. Biasanya ini terjadi terhadap orang – orang yang baru mengambil alih bisnis kedai kopi yang sudah berjalan tanpa harus melakukan penelitian dan riset tentang cara menjalankan kedai kopi, supaya bisa sukses dan cara menghadapi tantangan dalam bisnis saat ini.baru

Masalah yang sama juga dapat terjadi terhadap orang – orang yang baru memulai kedai kopi / coffeeshop dari nol. Mereka tidak tahu harus memulai dari mana, dan mereka cenderung lebih berkutat kepada hal-hal yang dapat menghabiskan banyak waktu dan uang.

Melakukan riset sebelum membuka Kedai kopi sangat penting untuk kesuksesan sebuah bisnis, riset seperti apa yang harus dilakukan untuk membuka bisnis kedai kopi?

Riset bisa mencakup:

  • Membaca buku & sumber lain tentang bisnis kopi
  • Membaca dan mencari tahu tentang membuka sebuah badan usaha yang dapat meningkatkan keterampilan Anda dalam bidang akutansi, manajemen dll.
  • Riset tentang elemen biaya yang dibutuhkan
  • Belajar tentang kopi (roasting profiles, origin)
  1. Kesalahan dalam membuat perencanaan

Source

Setiap bisnis kopi yang dibangun berbeda dengan kedai kopi lainnya, Perencanaan yang tepat dan menyeluruh bisa menghemat waktu, uang dan sakit kepala karena gagal membangun bisnis. Coba luangkan waktu untuk memikirkan dan merencanakan tentang bidang-bidang ini:

  • Waktu yang Anda gunakan untuk usaha bisnis kedai kopi Anda
  • Sortir uang pribadi dan uang bisnis
  • Mengembangkan konsep bisnis kedai kopi yang Anda buat secara menyeluruh.
  • Tulislah rencana Anda (Rencana bisnis kedai kopi)
  • Mengembangkan Anggaran kedai kopi Anda.
  • Tetapkan jangka waktu

 

  1. Kesalahan untuk tidak memanfaatkan kesempatan untuk belajar dan tumbuh

Kesalahan umum dari calon pemilik kedai kopi / coffe shop adalah mereka menganggap memulai bisnis kopi “itu mudah.” Ini konsep yang sangat menarik. Tetapi pada kenyataannya konsep yang benar adalah memulai dan mengembangkan bisnis kopi membutuhkan waktu dan investasi nyata dalam penelitian dan perencanaan.

Diri anda sendiri yang dapat menentukan keberhasilan. Anda harus dapat bersikap proaktif menghadapi masalah-masalah yang muncul supaya dapat menjadi pembelajaran dan penguasaan bisnis anda sendiri. Andapun harus terjun dan belajar langsung bagaimana caranya melakukan pemasaran, promosi, dan hal-hal yang dapat meningkatkan penjualan dari kedai kopi / coffee shop yang anda miliki. Dengan begitu andapun jadi mengetahui letak kekurangan dari bisnis kedai kopi / coffee shop yang anda jalankan.

  1. Tidak mengetahui konsep Coffee shop yang anda miliki

Tidak memiliki ide atau konsep bisinis yang harus ditentukan sejak awal memulai bisnis kedai kopi / coffee shop benar-benar akan membuat anda seperti terpaut dilautan terbuka tanpa kemudi untuk dikemudikan. Memang ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat memulai kedai kopi. Tetapi jika anda tetap menjalankan bisnis tanpa konsep bisnis, anda akan dapat menghabiskan banyak waktu dan uang.

Tentukan bisnis kopi seperti apa yang anda inginkan, sesuaikan dengan anggaran, lokasi, atau persaingan. Seiring dengan perkembangan bisnis kedai kopi / coffee shop anda mungkin akan ada improvisasi dalam menjalankan bisnis ini, tetapi dengan adanya konsep bisnis akan membantu bisnis anda tetap berada di dalam jalurnya.

  1. Mengabaikan Arus Kas dan Akuntansi

Source

Memiliki arus kas sangat penting untuk memenuhi kewajiban bisnis kedai kopi / coffee shop anda. Memperkirakan arus kas sangatlah penting mulai dari memproyeksikan penjualan harian Anda hingga mempertahankan inventaris Anda untuk mengembangkan laporan untung dan rugi Anda. Memiliki  laporan keuangan sejak awal menjalankan bisnis ini akan membantu anda merencanakan anggaran anda dengan lebih baik. 

  1. Terlalu banyak Hutang / Tagihan

Source

Selain menggunakan tabungan anda sendiri, mengambil pinjaman bank, pinjaman teman atau keluarga adalah cara umum untuk mendapatkan modal usaha bisnis kedai kopi / coffee shop anda. Namun tahukan anda jika ternyata hutang dapat menghancurkan bisnis baru. Mempunyai banyak hutang untuk modal usaha akan menjadikan masalah yang sulit diatasi.

Akan lebih baik jika anda terlebih dahulu membuat anggaran yang akurat, dan memutarkan keuangan seusai dengan apa yang sudah dianggarkan. Jika anda berencana untuk memulai bisnis kedai kopi / coffee shop, saran kami adalah pikirkan dan tentukan di mana anda akan mendapatkan uang yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kopi anda.

Menghindari hutang, menghindari kesalahan, dan belajar dari pemilik kedai kopi / coffee shop lainnya akan membuat bisnis kopi anda bertahan cukup lama sehingga anda dapat mempertahankan diri melalui pendapatan Anda.

  1. Salah Memilih dan Menempatkan Orang

Source

Hampir semua pelanggan akan menuntut layanan yang terbaik, oleh karena itu sangat penting untuk mencari dan memilih orang yang tepat untuk Coffee shop Anda. Memiliki kedai kopi menurut saya bisa menjadi bisnis yang sangat kompetitif apalagi jika bisnis itu di lokasi yang ramai seperti perkotaan atau turis. Dengan memiliki seorang barista yang berpengalaman, hebat, unggul dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggan Anda setiap saat hal ini akan sangat penting bagi kesuksesa bisnis Kedai kopi Anda.

Pelanggan yang happy adalah pelanggan yang akan menjadi pelanggan tetap Anda. Saya secara pribadi bukan orang yang terlalu suka sekali dengan kopi, kopi apa saja akan saya minum sejauh itu aman untuk saya dan enak di mulut saya. Saya pernah ke tempat warung kopi yang bisa dikatakan bagus dengan rasa yang nikmat, tetapi semua itu menjadi hilang karena pelayanan mereka yang kurang bagus. Ini membuat saya tidak ingin kembali dan merekomendasikan kepada kenalan saya.

Memiliki seorang barista yang berpengalaman dan memiliki kepribadian yang baik adalah sebuah ide yang sangat bagus dan investasi. Tetapi memperkejakan seseorang yang jujur, handal dan memiliki kepribadian yang baik selalu mengalahkan pengalaman. Karena banyak pelanggan yang lebih suka minum kopi yang biasa saja ketimbang mendapat perlakuan yang kasar dari barista dan tim Anda.

  1. Manajemen Yang Kurang Baik

Sebuah bisnis apapun termasuk kedai kopi yang sukses tentu tidak akan muncul dengan sendirinya atau begitu saja. Dibutuhkan sebuah manajemen yang baik sejak awal didirikan. Memang butuh banyak waktu untuk mengembangkan dan menjalankannya dengan baik.

Managemen yang buruk bisa segera dengan cepat memprburuk bisnis Coffee shop Anda. Seorang yang terampil dalam managemen akan melakukan beberapa hal dasar ini:

  • Inventory management
  • Mengelola karyawan
  • Mengelola penggajian dan yang berhubungan dengan SDM
  • Menjaga dan mengelola hubungan dengan vendor
  • Pelatihan
  • Manajemen Anggaran

Mengawali managemen bisnis kedai kopi Anda memang dibutuhkan waktu yang lama. Cara yang terbaik untuk meningkatkan keterampilan manajemen Anda dalam mengelola hal-hal di atas dengan belajar sebanyak mungkin tentang bagaimana menjalankan bisnis kedai kopi.

Tidak ada bisnis yang benar-benar aman dan terhindar dari resiko kegagalan, tetapi setiap bisnis dapat Anda kurangi resiko kegagalannya dengan memperoleh pengetahuan terlebih dahulu. Anda bisa melakukan riset pasar, keliling kota melihat kedai kopi lainnya dan terus belajar sebanyak mungkin tentang Industri kedai kopi, serta mempertahankan semangat Anda

Cara lain yang juga menurut saya baik adalah dengan bertanya kepada orang-orang yang memang sudah sukses dalam menjalankan bisnis ini untuk membantu Anda lebih banyak memahami tentang apa yang diperlukan dan dalam menjalankan bisnis Coffee shop.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 145 juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1,2.