TERTARIK UNTUK MEMBUKA USAHA COFFEE SHOP? BERIKUT LANGKAH-LANGKAHNYA UNTUK MEMULAINYA

Pertumbuhan bisnis kopi terus menerus meningkat. Brand kopi baru terus saja bermunculan dan tentunya menawarkan rasa dan suasana kedai yang berbeda dengan lainnya.

Peluang bisnis Coffee Shop atau kedai kopi memang sangat menjanjikan, karena tren perkembangan konsumennya yang stabil. Data yang dihimpun dari beberapa survey menunjukkan bahwa rata-rata konsumsi kopi per kapita penduduk Indonesia cenderung stabil.

Untuk buka bisnis coffee shop atau kedai kopi tentunya harus ada perencanaan serta hitungan biaya yang efisien dan jitu. Dan berikut ini  adalah beberapa langkah awal memulai usaha coffee shop / kedai kopi:

Konsep

Siapkan konsep yang matang, sesuai dengan target market. Perhatikan lokasi Coffee Shop, desain interior, cara penyajian, pelayanan, produk, seragam hingga pernak pernik lainnya.

Memilih Supplier Kopi 

Hampir tiap daerah di Indonesia menghasilkan kopi dengan cita rasa yang berbeda dan Coffeeland dapat menyediakan kopi sesuai kebutuhan anda. Pemilihan supplier kopi bukan hanya menjamin ketersediaan kopi, tapi juga cita rasa kopi ang sesuai dengan spesifikasi anda.

Menyiapkan Modal Usaha

Hitung semua kebutuhan, siapkan moda awal usaha Coffee Shop. Tambahkan biaya operasional untuk beberapa bulan pada modal awal tersebut. Pada awal usaha, kemungkinan minus selama 1-2 bulan karena Coffee Shop belum ramai dikunjungi konsumen. Anda dapat membiayai usaha Coffee Shop secara mandiri atau dari pinjaman. Bisa juga menjalin kerjasama dengan partner, investor atau dana dari bank dengan sistem bagi hasil.

Menentukan Lokasi Usaha

Tidak harus berlokasi di tengah kota, karena yang terpenting mudah diakses oleh target market. Biasanya Coffee Shop akan ramai jika berlokasi di perkantoran, mall, kampus atau pasar modern. Namun tidak masalah jika anda punya tempat sendiri. Siapkan strategi promosi dan pemasaran yang jitu agar konsumen mau berkunjung ke Coffee Shop anda.

Merekrut Karyawan

Karyawan adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam memulai bisnis. SDM harus benar-benar mendapat pelatihan yang berkualitas dan berkelanjutan.

Membuat Strategi Pemasanran

Strategi paling jitu dalam usaha Coffee Shop adalah dengan membidik komunitas tertentu. Ciptakan suasana yang nyaman dengan menjaga kebersihan tempat dan variasi menu. Buat program diskon atau member get member. Adakan program edukasi mengenai kopi dengan brosur/flyer dan sosial media.

Coffeeland Indonesia akan menjadi partner Anda dalam menyediakan seluruh kebutuhan untuk membuka bisnis Coffee Shop / Kedai Kopi yang sukses. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket instalasi senilai kurang lebih 150 juta rupiah. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti apapun, berbeda dengan sistem franchise yang banyak ditawarkan oleh perusahaan lain.

Coffeeland telah memiliki banyak mitra Kedai Kopi yang sukses di berbagai wilayah Indonesia seperti di Flores, Kalimantan, Jawa hingga Sumatra.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami melalui nomor Whatsapp 087825958155.