TIPS: MEMULAI USAHA BISNIS KOPI BAGI GENERASI MILENIAL

 

Berbisnis di industri kopi saat ini tengah menjamur di kalangan muda. Beragam kedai kopi bermunculan diberbagai daerah di Indonesia. Usaha bisnis kopi bisa menjadi peluang sukses bagi siapa saja yang mau mencoba. Beberapa alasan mengapa bisnis kopi menjadi peluang yang sangat sukses, karena harganya yang cenderung murah, hampir setiap orang suka meminum kopi. Selain itu, minum kopi sambil kumpul bersama teman dan mengunggahnya di media sosial juga menjadi tren bagi kalangan milenial. Bahkan, sekarang kedai kopi adalah tempat yang dianggap ‘kekinian’ bagi mereka. Bagi para pengusaha muda pastinya memiliki cita-cita membuka kedai kopi sendiri. Bukan sesuatu yang mudah dalam memulai usaha bisnis kopi, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa tips memulai usaha bisnis kopi. simak yuk!

Menyiapkan konsep yang matang

Menyiapkan konsep yang matang adalah langkah awal yang perlu disiapkan, karena membuka kedai kopi berarti anda siap bertarung dengan competitor anda yang tak terhitung jumlahnya. Untuk itu agar mampu bersaing, siapkan konsep yang unik agar menjadi ciri khas kedai kopi anda.

Bermitra

Zaman sekarang, cara yang paling cepat dalam memulai usaha adalah dengan bermitra. Karena dalam bermitra biasanya sudah ada bahan baku, peralatan equipment, sistem usaha dan peralatan penunjang lainnya. Jadi pengusaha tinggal menjalankan saja.

Seperti salah satu mitra Coffeeland Indonesia di Medan “Andra Coffee & Eatery”. kami membantu untuk membuat kemitraan dengan  orang-orang yang tertarik untuk terjun ke dunia kopi atau menjalani bisnis kopi agar tidak bingung memulai dari awal, juga dalam seputar membuat produk dan reaserch produk.

Jangan hanya modal nekad

Tentu saja dibutuhkan keberanian untuk memulai sebuah usaha bisnis kopi. Berani saja tidak cukup, juga jangan hanya modal nekad. Harus ada persiapan yang matang, perhitungan bisnis dan perencanaan sistem. Ditambah memikirkan kualitas produk serta cara kerja tim.

Cari keunggulan bisnismu

Ada tiga hal penting yang harus dipikirkan dalam berbisnis, yaitu speed, quality, and price. Jadi ketika memulai, perlu diingat bahwa tiga hal itu tidak bisa didapat sekaligus. Pilih salah satu dari tiga itu untuk dijadikan keunggulan (selling point).

Memilih lokasi yang tepat dan strategis

Pemilihan lokasi yang tepat tentu berhubungan dengan target pasar seperti apa yang diincar dan konsep kedai kopi apa yang telah ditentukan. Dengan demikian anda bisa memastikan bahwa lokasi kedai kopi anda mudah diakses oleh calon pelanggan nantinya.

Menentukan dan merencanakan strategi pemasaran

pemasaran adalah nadi bagi suatu usaha, apapun jenis usaha tersebut. Jika pemasaran tidak ditangani dengan serius maka jalan suatu perusahaan akan berhenti sewaktu – waktu. Untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat, sebaiknya harus disesuaikan dengan target pasar yang telah dipilih. Memanfaatkan media sosial bisa meningkatkan strategi pemasaran, seperti instagram, facebook, twitter, dan lainnya.

 

Apakah anda berencana membuka usaha kedai kopi? Jika semua rencana sudah siap, jangan tunda lagi. Anda dapat langsung memulai merintis usaha kedai kopi impian anda.

Bagi anda yang ingin membuka usaha kedai kopi dengan brand anda sendiri, anda dapat bermitra dengan Coffeland Indonesia. karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5 juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App >> Silahkan Klik :

  

Source: 1

Leave a Reply