AMPAS KOPI DENGAN SEGUDANG MANFAATNYA

Ampas kopi biasanya dianggap tidak berguna dan dibuang begitu saja. Tapi tahukan anda ternyata ampas kopi memiliki banyak manfaat dalam kehidupan?
credit by callysseecoffee.com

Industri kopi saat ini sedang ramai di Indonesia, ini dapat terlihat dari semakin menjamurnya kedai kopi di berbagai sudut kota. Namun sayangnya, semakin maraknya kedai kopi di Indonesia, semakin banyak juga limbah ampas kopi yang di hasilkan.

Biasanya, orang akan menyeduh kopi dan membuang ampas bubuk kopi yang tertinggal di gelasnya karena dianggap tidak berguna dan dibuang begitu saja. Tapi tahukan anda ternyata ampas kopi memiliki banyak manfaat dalam kehidupan? Berikut ini beberapa manfaat ampas kopi bagi kehidupan sehari-hari.

  1. Menghilangkan bau di tangan

Ketika selesai memasak, biasanya bau amis sisa makanan akan menempel di tangan dan susah untuk dihilangkan. Bubuk ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan sisa bau amis makanan pada tangan ketika selesai memasak.

Selain menghilangkan bau amis, ampas kopi juga akan membuat tangan menjadi lebih segar, halus dan bersih karena bubuk kopi berperan sebagai exfoliant.

  1. Merawat rambut

Ampas kopi bisa dimanfaatkan pada rambut untuk membuatnya lebih bersinar. Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikan pada rambut seperti saat keramas. Cara ini dipercaya bisa membuat rambut menjadi lebih bersinar dan menjadi sehat.

  1. Menjadi pupuk kompos

Bubuk kopi bisa menjadi pupuk kompos terbaik untuk tanah. Bubuk kopi kaya akan nitrogen dan bisa menarik cacing tanah untuk datang. Cacing tanah memiliki fungsi meningkatkan jumlah air dan oksigen di dalam tanah.

  1. Pengharum ruangan

Bubuk ampas kopi bisa menjadi pengharum atau penetral bau di dalam ruangan. Caranya cukup taruh bubuk kopi dalam wadah dan tempatkan di dekat ventilasi. Hal ini bisa dilakukan untuk menghilangkan dan menetrakan bau ruangan seperti bau cat baru dan bau pengap.

  1. Menghilangkan bau wastafel

Wastafel yang bau bisa diatasi dengan bubuk ampas kopi. Caranya cukup dengan meletakkan kopi di wastafel selama semalam, maka bau tidak sedap akan hilang.

Masih ada banyak hal yang dapat di manfaatkan dari ampas kopi sebelum anda membuangnya. Selamat mencoba!!

Terkait pemesanan kopi, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty,Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via Whatsapp.

  

Source: sajiansedap.grid.id.

Leave a Reply

WhatsApp chat