BISAKAH PAPER FILTER DIGUNAKAN LEBIH DARI SATU KALI?

Dalam pembuatan kopi, ada dua jenis filter yang bisa digunakan dalam proses seduh yakni paper filter dan juga metal filter. Dan kali ini kami akan menjelaskan mengenai paper filter. Seperti namanya, filter kopi ini tentunya memakai material kertas yang terdiri dari dua jenis yakni kertas berwarna putih dan juga kertas berwarna agak kecoklatan.

Paper Filter ini biasanya dipakai dalam alat seduh manual seperti Hario V60, Chemex, Kalita Flat Bottom, Kalita Wave, Melitta, Aeropress dan juga Bonavita Drip. Selain terdiri dari dua jenis kertas, bentuk dan ukuran filter kopi yang digunakan juga bermacam macam disesuaikan dengan alat seduh dan coffee dripper yang digunakan.

Namun, bisakah paper filter di gunakan lebih dari satu kali?

Paper filter seperti namanya terbuat dari kertas berserat. Paper filter Hario V60 berbeda tekstur kualitasnya dengan paper filter Chemex, Kalita Wave, Aeropress dan lainnya. Di artikel kali ini yang kami akan membahas dengan penggunaan paper filter Hario V60 01 bleached.

Sebelum digunakan kembali, paper filter harus di bersihkan terlebih dahulu dari ampas kopi sisa seduhan sebelumnya dengan air mengalir. Lalu keringkan paper filter tersebut di dalam ruangan. Dan keesokan harinya dapat gunakan kembali untuk menyeduh. Pengalaman menyeduh dengan paper filter bekas ini sama saja seperti paper filter baru. Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan:

  1. Paper filter bekas lebih berkerut, permukaannya tidak rapi sehingga tidak semulus paper filter baru.
  2. Saat dipakai menyeduh, paper filter bekas tidak ‘duduk’ sempurna pada dripper. Pada saat menyeduh paper filter kerap ‘tergeser’.
  3. Karena sudah tipis, maka teksurnya menjadi sangat lembek saat terkena air.
  4. Proses seduh menjadi sedikit lebih cepat. mungkin karena sudah pernah dipakai sebelumnya.
  5. Hasil seduhan hampir sama, tidak ada perbedaan. Hanya saja kertas yang mudah bergeser akan membuat sedikit tidak nyaman pada saat proses penyeduhan.
  6. Aroma sisa kopi dari penyeduhan sebelumnya tidak ada sama sekali meskipun pada paper filter itu ada bekas noda kopi.

Kesimpulannya adalah paper filter bekas bisa digunakan lebih dari satu kali. Namun ada baiknya penggunaannya hanya dua kali saja karena kualitas paper filternya sudah berubah. Dan lakukanlah jika dalam keadaan mendesak atau jika anda sedang ingin berhemat dan menjalankan gaya hidup zero waste.

Jika persediaan paper filter anda habis, anda dapat melakukan pembelian di Coffeeland Indonesia. Coffeeland menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian, silahkan hubungi Tim Marketing kami,

 

Source: 1.

Leave a Reply