CARA MENENTUKAN KONSEP UNTUK BISNIS COFFEE SHOP

Memiliki bisnis coffee shop memang menjanjikan. Kini coffee shop sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama untuk kalangan menengah ke atas. Biasanya coffee shop ramai didatangi para pelajar, mahasiswa dan pekerja untuk melepas penat, mencari suasana baru, atau sekedar nongkrong.Coffee shop pada mulanya hanya menyediakan tempat untuk minum kopi dan teh dengan cepat. Akan tetapi, karena perkembangan dan kebutuhan pelanggan yang semakin lama semakin kompleks dan tidak ada habisnya, berkembanglah coffee shop seperti yang sekarang ini. Lalu, bagaimana cara untuk menentukan konsep bisnis coffee shop agar dapat menarik minat pengunjung untuk singgah. Berikut ini adalah beberapa cara menentukan konsep coffee shop bagi pemula.

Menentukan lokasi

Langkah pertama yang perlu anda perhatikan adalah menentukan lokasi coffee shop. Anda wajib memahami kondisi wilayah dan masyarakatnya. Sebagai contoh jika anda ingin membuka coffee shop di pedesaan, maka tidaklah mungkin anda mengkonsepkan coffee shop seperti starbucks. 

Mengapa demikian? sebab jika membangun coffee shop di pedesaan dengan konsep mirip starbucks, maka anda akan menggunakan banyak properti dan modal yang tentunya tidak kompatibel dengan daerah tempat coffee shop.

Meskipun pada dasarnya tidak ada yang salah dengan pemilihan konsep seperti itu, namun akan lebih baik jika anda membangunnya di pusat keramaian seperti kota-kota besar.

Memahami Target Market

Mendirikan coffee shop artinya anda membutuhkan pelanggan. Pelanggan yang dimaksud adalah orang yang datang untuk membeli produk kopi yang anda jual di coffee shop.

Memahami target market akan membantu anda dalam menentukan konsep coffee shop itu sendiri. Jika anda membangun coffee shop di wilayah dengan banyaknya target market berusia di atas 45 tahun, maka ada baiknya anda membuat coffee shop dengan konsep yang cocok dengan mereka. Misalnya konsep yang tidak terlalu instagramable, kekinian, dan tidak terlalu berlebihan.

Berdasarkan Budget

Mendirikan coffee shop tentunya membutuhkan modal. Tantangan yang akan hadir ialah bagaimana kita memanfaatkan dana yang minim untuk pembangunan coffe shop. Di langkah ini, konsep mengikuti budget. Anda dapat menekan budget dengan cara memilih konsep yang minimalis dan tidak banyak memakan biaya.

Percayakan seluruh kebutuhan coffe shop Anda kepada Coffeeland Indonesia, karena Coffeeland Indonesia dapat membantu melengkapi seluruh kebutuhan coffee shop Anda mulai dari mesin espresso hingga bahan baku untuk pembuatan menu.

Coffeeland Indonesia memiliki berbagai pilihan paket usaha yang dapat disesuaikan dengan konsep bisnis Anda. Dalam paket kemitraan tersebut sudah termasuk equipment, bahan baku awal, pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun.

Dengan bermitra besama Coffeeland Indonesia, membuka bisnis coffee shop dapat semudah menyeduh kopi.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket usaha Coffee Shop, silahkan hubungi Tim Marketing kami melalui nomor What’s App 087825958155.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: fanlimandalika.com